Analisis Variabel Eksternal dan Internal Yang Berpengaruh Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Sepeda Motor Skutik (Skuter Matic) Di Kota Pasuruan.

DanangRafiSuwito (2009) Analisis Variabel Eksternal dan Internal Yang Berpengaruh Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Sepeda Motor Skutik (Skuter Matic) Di Kota Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya minat konsumen dalam membeli sepeda motor skutik (skuter matic) di kota Pasuruan, sehingga menarik perhatian untuk meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen atas sepeda motor skutik (skuter matic) tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh variabel eksternal dan internal terhadap keputusan pembelian sepeda motor skutik (skuter matic) di kota Pasuruan, juga untuk mengetahui dan menjelaskan variabel eksternal dan internal yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian sepeda motor skutik (skuter matic) di kota Pasuruan. Jenis penelitian yang lakukan ini adalah penelitian penjelasan (explanatory research) yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Accidental Sampling , banyaknya sampel ditentukan dengan menggunakan pendekatan Roscoe berjumlah 100 orang. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini regresi linier berganda dengan menggunakan uji F, uji t serta koefisien Beta . Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa nilai R Square (R 2 ) sebesar 0,753 atau 75,3%, dengan demikian berarti bahwa variabel-variabel yang mempengaruhi keputusan pembelian sepeda motor skutik (skuter matic) di kota Pasuruan dapat dijelaskan oleh Variabel Eksternal (Produk (X 1 ), Harga (X 2 ), Promosi (X 3 ), Tempat (X 4 )) dan Variabel Internal (Motivasi (X 5 ), Persepsi (X 6 ), Pembelajaran (X 7 ), Memori (X 8 )) sebesar 75,3%, sedangkan sisanya sebesar 24,7% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Dari hasil analisis uji F (simultan) variabel independent berpengaruh signifikan terhadap variabel dependent. Hasil uji t (parsial) hanya terdapat empat variabel yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian yaitu variabel produk, harga, promosi, dan pembelajaran, sedangkan variabel tempat, motivasi, persepsi dan memori tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Koefisien Beta menunjukkan bahwa variabel produk berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian sepeda motor skutik (skuter matic) di kota Pasuruan. Dari hasil penelitian tersebut maka perusahaan sepeda motor skutik (skuter matic) perlu lebih memperhatikan variabel produk. Hal ini karena telah terbukti bahwa produk (terutama desain sepeda motor skutik (skuter matic) lebih diperhatikan oleh konsumen dalam membeli sepeda motor skutik (skuter matic) dibandingkan dengan variabel-variabel lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/147/050900918
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 31 Mar 2009 09:55
Last Modified: 21 Oct 2021 16:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104003
[thumbnail of Bagian_Awal__Skripsi.pdf]
Preview
Text
Bagian_Awal__Skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bagian_Isi_Skripsi.pdf]
Preview
Text
Bagian_Isi_Skripsi.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item