Preferensi Konsumsi Energi Masyarakat terhadap Biogas sebagai Energi Alternatif : Studi Kasus Pada Masyarakat Dusun Toyomerto, Batu”.

DiptaWahyaniPutri (2009) Preferensi Konsumsi Energi Masyarakat terhadap Biogas sebagai Energi Alternatif : Studi Kasus Pada Masyarakat Dusun Toyomerto, Batu”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lemahnya perekonomian masyarakat sehubungan dengan kelangkaan dan mahalnya harga minyak tanah sebagai sumber daya alam tak terbaharukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi konsumsi energi masyarakat terhadap biogas, serta efek subsitusi dan efek pendapatan pada konsumsi biogas, selain itu, tujuan lain yang ingin dicapai adalah mengetahui kendala dalam pemanfaatan biogas. Untuk melihat pengaruh preferensi masyarakat terhadap biogas, digunakan analisis statistik regresi linier berganda, dan untuk melihat terjadinya efek subsitusi maupun efek pendapatan, serta kendala pamanfaatan biogas, digunakan analisis deskriptif. Dari analisis regresi linier berganda, tingkat konsumsi masyarakat terhadap biogas dipengaruhi secara berbanding terbalik oleh tingkat konsumsi energi lain. Dari analisis deskriptif, dengan mengkonsumsi biogas, masyarakat mendapatkan utilitas yang lebih tinggi dibandingkan jika mengkonsumsi energi lain, karena selain lebih hemat dan tidak menimbulkan polusi, biogas merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Setelah harga minyak naik, biogas menjadi subsitusi bahan bakar untuk memasak dalam masyarakat dan merupakan solusi dalam mengatasi limbah ternak, sekaligus meminimalisasi penebangan hutan untuk kayu bakar. Dalam pemanfaatan biogas, masyarakat tidak menemui kendala apapun, baik secara ekonomi maupun teknis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/14/050900322
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 Feb 2009 09:48
Last Modified: 21 Oct 2021 15:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103996
[thumbnail of 050900322.pdf]
Preview
Text
050900322.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item