Evaluasi Sistem Pengendalian Internal dalam Sistem Akuntansi Penggajian Berbasis Komputer (Studi Kasus pada PT. Telkom Malang)

MariaUlfaDarmawan (2009) Evaluasi Sistem Pengendalian Internal dalam Sistem Akuntansi Penggajian Berbasis Komputer (Studi Kasus pada PT. Telkom Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sistem informasi akuntansi merupakan hal yang sangat penting bagi pihak manajemen karena berhubungan dengan data keuangan perusahaan yang memiliki pengaruh signifikan dalam pencapaian tujuan perusahaan. Sistem Informasi akuntansi berbasis komputer yang berkualitas disertai dengan pengawasan terhadap pengolahan data terkomputerisasi akan mampu meningkatkan pengendalian intern perusahaan dengan optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan sistem informasi akuntansi berbasis komputer sebagai upaya meningkatkan pengendalian internal pada PT. Telkom Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Jadi, penelitian ini lebih bersifat penjelasan terhadap situasi dan keadaan yang ada, mengevaluasinya serta memberikan alternatif solusi terhadap permasalahan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi bagaimana penerapan sistem penggajian PT. Telkom Malang melakukan analisa terhadap prosedur penggajian, pemrosesan data, proses pembayaran hingga informasi yang dihasilkan. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan sistem informasi akuntansi berbasis komputer di PT. Telkom Malang sudah terlaksana dengan baik. Secara umum telah dilaksanakan dengan cukup baik dan memadai. Hal ini dapat dilihat pada pelaksanaan sistem dan prosedur yang berjalan sesuai dengan aturan dan teori yang ada. Walaupun demikian, terdapat beberapa kelemahan yang perlu diperbaiki, untuk menciptakan sistem pengendalian intern yang lebih baik lagi. Beberapa kelemahan yang ditemukan terdapat pada pengawasan absensi karyawan yang menggunakan password .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/137/050900866
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 Mar 2009 11:20
Last Modified: 21 Oct 2021 15:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103993
[thumbnail of 050900866.pdf]
Preview
Text
050900866.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item