Strategic Planning dengan Pendekatan Blue Ocean Strategy (Studi Kasus pada Rumah Makan Saboten Shokudo di Malang pada Tahun 2008) .

AkaKandiasAlAmin (2009) Strategic Planning dengan Pendekatan Blue Ocean Strategy (Studi Kasus pada Rumah Makan Saboten Shokudo di Malang pada Tahun 2008) . Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan visi, dan misi, menganalisis lingkungan eksternal maupun internal dengan menggunakan SWOT ( strength, weakness, opportunity, threat ), serta mengetahui bagaimana penerapan strategic planning yang didasarkan pada analisa kerangka kerja empat langkah dan enam prinsip blue ocean strategy pada Rumah Makan Saboten Shokudo. Penelitian ini dapat diklasifikasikan sebagai penelitian deskriptif eksploratif ( explorative descriptive research ) dengan pendekatan studi kasus ( case study ). Data diperoleh melalui teknik triangulasi yakni penggabungan beberapa metode pengumpulan data, yakni wawancara kepada pihak manajemen RM. Saboten Shokudo (internal), serta dokumentasi beberapa surat kabar, jurnal, buku, dan artikel (eksternal). Teknik analisa yang digunakan adalah analisa kualitatif (naratif). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategic planning dilakukan dengan mengetahui gambaran perusahaan ( visi dan misi RM.Saboten Shokudo) serta dengan memanfaatkan peluang dan kesempatan yang dimiliki perusahaan, sehingga perusahaan dapat menerapkan inovasi nilai melalui kerangka kerja empat langkah H-K-T-C (hapuskan-kurangi-tingkatkan-ciptakan). RM. Saboten Shokudo menghapus kesan eksklusivitas dan faktor masakan Jepang favorit ( Shushi, Shabu-Shabu, Sashimi, dan Ramen ). Selain itu, RM. Saboten Shokudo juga mengurangi penggunaan bumbu khas Jepang dan tenaga kerja tambahan di waktu tertentu. Upaya peningkatan yang dilakukan oleh RM. Saboten Shokudo adalah peningkatan menu ekstra seperti Shisha, Onion Ring, Age Jagaimo, dan Doraboten , serta meningkatkan sisi entertainment -nya. Hasil dari kerangka kerja ini memunculkan produk baru yang mengikuti perkembangan lingkungan dan upaya perluasan pasar bagi RM. Saboten Shokudo, dengan menghadirkan makanan dan minuman sehat berkhasiat. Untuk memasuki Blue Ocean, RM. Saboten Shokudo harus menerapkan enam prinsip Blue Ocean yang mendorong pelaksanaan strategi Blue Ocean Strategy , yakni: (1) Merekonstruksi batasan pasar, (2) Fokus gambaran besar, bukan pada angka, (3) Menjangkau pasar hingga tingkat non-konsumen, (4) Menjalankan rangkaian strategis secara benar, (5) Mengatasi rintangan organisasi, dan (6) Menjalankan eksekusi strategi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/114/050900749
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 Mar 2009 08:47
Last Modified: 21 Oct 2021 15:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103969
[thumbnail of 050900749.pdf]
Preview
Text
050900749.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item