EnoFachrudin (2009) Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Kepuasan Nasabah Kredit Umum Pedesaan (Kupedes) PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Unit Veteran Jombang”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Promosi merupakan bagian dari bauran pemasaran. Perusahaan perlu melakukan promosi untuk memberi informasi kepada konsumen akan lebih mengenal produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Promosi juga merupakan suatu kesempatan atau peluang bagi perusahaan untuk memaparkan kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh produk tersebut sehingga konsumen akan tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan. Tujuan yang ingin didapat dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel Periklanan (X 1 ), Penjualan Pribadi (X 2 ), Hubungan Masyarakat dan Publisitas (X 3 ), Promosi Penjualan (X 4 ), dan Pemasaran Langsung (X 5 ) yang dilaksanakan oleh PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. Kantor Cabang Jombang Unit Veteran, baik secara simultan maupun secara parsial terhadap Kepuasan Nasabah Kupedes. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan ( explanatory research ). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah Kupedes sampai bulan Nopember 2008, dengan sampel 95 nasabah. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling . Metode analisa yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dengan tingkat kepercayaan sebesar 95%. Uji F untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat secara bersama-sama, dan Uji t untuk mengetahui pengaruh secara parsial variabel bebas terhadap variabel terikat. Dari hasil penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa lima kegiatan promosi yang dilakukan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. Kantor Cabang Jombang Unit Veteran secara simultan berpengaruh terhadap Kepuasan Nasabah Kupedes. Namun secara parsial, hanya variabel penjualan pribadi dan pemasaran langsung yang signifikan berpengaruh terhadap Kepuasan Nasabah Kupedes, sedangkan ketiga variabel lain yaitu periklanan, humas dan publisitas, serta promosi penjualan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Nasabah Kupedes. Dari Uji Determinasi (R 2 ) diperoleh hasil sebesar 0,586 artinya 58,6% perubahan Kepuasan Nasabah Kupedes dapat dijelaskan oleh perubahan dari semua variabel bebas {periklanan ( advertising ), promosi penjualan ( sales promotion ), penjualan pribadi ( personal selling ), humas dan publisitas ( public relation & publicity ), serta pemasaran langsung ( direct marketing )}. Berdasarkan hasil penelitian ini, diperoleh bukti empiris yang dapat dijadikan sebagai pijakan gagasan ke arah penelitian yang lebih mendalam tentang pengaruh bauran promosi terhadap Kepuasan Nasabah Kupedes.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2009/111/050900746 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 19 Mar 2009 09:27 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 15:44 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103966 |
Preview |
Text
cover..pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
daftar_pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
data_kuesioner_fix.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
halaman_sampul.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Lampiran_7__t__Tabel_dan__F__Tabel.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Lampiran_2_Data_Hasil_Kuesioner.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
lembar_pengesahan_+_riwayat_hidup.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
OUTPUT_SPSS_TERLENGKAP.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Pengaruh_Bauran_Promosi_Terhadap_Kepuasan_Nasabah_KUPEDES_BRI_Unit_Veteran_Jombang.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |