Analisis Lingkungan Sebagai Dasar Perumusan Strategi Utama Pada Rumah Makan Saboten Shokudo Di Kota Malang

RoseIndriana (2009) Analisis Lingkungan Sebagai Dasar Perumusan Strategi Utama Pada Rumah Makan Saboten Shokudo Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Setiap bisnis pasti mempunyai tujuan, baik itu tujuan jangka pendek maupun jangka panjang yang hendak dicapai dalam kurun waktu tertentu. Usaha pencapaian tujuan suatu bisnis umumnya tidak lepas dari kondisi lingkungan, baik lingkungan eksternal maupun internal yang selalu berubah-ubah. Strategi merupakan salah satu cara yang dapat digunakan oleh suatu bisnis untuk mengantisipasi ataupun menjawab tantangan perubahan lingkungan. Untuk menghasilkan strategi yang efektif dan efisien, salah satu proses manajemen strategi yang dapat dimanfaatkan perusahaan adalah perumusan strategi. Dengan perumusan strategi yang baik maka diharapkan dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan dan menampilkan keunggulan serta kapabilitas untuk memenangkan persaingan. Salah satu bisnis rumah makan yang dituntut untuk selalu mengantisipasi perubahan lingkungan dengan jalan menghasilkan strategi yang tepat melalui perumusan strategi yang baik adalah Rumah Makan Saboten Shokudo . Rumah Makan Saboten Shokudo merupakan usaha yang bergerak di bidang kuliner yang mengkhususkan jenis masakan berupa modern Japanese food yang didirikan pada tahun 2006. Perumusan strategi dilakukan melalui analisis lingkungan. Analisis lingkungan merupakan suatu proses memonitor, mengevaluasi, dan mengumpulkan informasi dari lingkungan internal dan eksternal yang mempengaruhi jalannya perusahaan. Proses tersebut bertujuan untuk mengidentifikasi faktor strategis yang dapat menentukan kondisi Rumah Makan Saboten Shokudo di masa yang akan dating. Proses analisis terhadap lingkungan Rumah Makan Saboten Shokudo bermaksud mencari kelemahan dan kekuatan internal serta mengantisipasi ancaman dan peluang eksternal yang mungkin dihadapi oleh Rumah Makan Saboten Shokudo. Analisis lingkungan pada Rumah Makan Saboten Shokudo menghasilkan pilihan terbaik pada strategi pengembangan pasar. Strategi pengembangan pasar ialah strategi memasarkan produk yang sudah ada atau dengan sedikit modifikasi kepada daerah, pelanggan atau wilayah pasar baru. Strategi ini dapat dilakukan dengan memperluas daerah pemasaran di daerah lain. Dengan strategi pengembangan pasar ini, Rumah Makan Saboten Shokudo nantinya diharapkan dapat bersaing dengan kompetitor.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/105/050900698
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 06 Mar 2009 10:46
Last Modified: 21 Oct 2021 15:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103959
[thumbnail of 050900698.pdf]
Preview
Text
050900698.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item