Pengaruh Penyuluhan, Pelayanan, Pemeriksaan dan Tingkat Pemahaman Wajib Pajak Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Penghasilan Orang Pribadi (Studi Kasus di KPP Pratama Malang S

AisiyahKhuriana (2009) Pengaruh Penyuluhan, Pelayanan, Pemeriksaan dan Tingkat Pemahaman Wajib Pajak Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Penghasilan Orang Pribadi (Studi Kasus di KPP Pratama Malang S. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pembayaran pajak merupakan perwujudan dari kewajiban dan peran serta wajib pajak untuk secara langsung dan bersama-sama untuk melaksanakan kewajiban perpajakan untuk pembiayaan Negara dan pembangunan nasional. Penerimaan pajak merupakan salah satu sumber pembiayaan pembangunan yang pada masa depan diharapkan kontribusinya semaksimal mungkin, agar tercapai kemandirian dalam pembiayaan keuangan negara.Masalah kepatuhan wajib pajak adalah masalah penting. Karena jika Wajib Pajak tidak patuh maka akan menimbulkan keinginan untuk melakukan tindakan penghindaran, pengelakkan, penyelundupan, dan pelalaian pajak. Kepatuhan Wajib Pajak juga dipengaruhi oleh beberapa faktor yang mempengaruhi diantaranya penyuluhan, pelayanan, pemeriksaan dan tingkat pemahaman Wajib Pajak. Tujuan dari dilakukannya riset ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari penyuluhan, pelayanan, pemeriksaan dan tingkat pemahaman Wajib Pajak terhadap tingkat kepatuhan Wajib Pajak yang dapat dilihatdari hasil jawaban responden terhadap kuesioner yang dibagikan. Dalam penelitian ini, akan membahas mengenai pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat secara parsial dan simultan serta variabel mana yang paling dominan yang menggunakan dataprimer yaitu kuesioner yang kemudian diolah menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil uji F dan uji t yang dilakukan menunjukkan bahwa penyuluhan, pelayanan, pemeriksaan dan tingkat pemahaman wajib pajak secara simultan maupun parsial mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Dengan menggunakan Unstandardized Coefficients terlihat bahwa variabel tingkat pemahaman Wajib Pajak (X4) memiliki nilai koefisien regresi (B) lebih besar (>) jika dibandingkan koefisien regresi variabel penyuluhan, variabel pelayanan dan variabel pemeriksaan (X3).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/104/050900697
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Mar 2009 14:54
Last Modified: 21 Oct 2021 15:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103958
[thumbnail of 050900697.pdf]
Preview
Text
050900697.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item