Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pengusaha Kompor : Studi Kasus di Desa Merjosari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang Jawa Timur.

HeminSlametWiyono (2009) Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pengusaha Kompor : Studi Kasus di Desa Merjosari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam kurun waktu terakhir ini sektor informal di daerah perkotaan Indonesia menunjukkan pertumbuhan yang pesat. Menurut para ahli membengkaknya sektor informal mempunyai kaitan dengan menurunnya kemampuan sektor formal dalam menyerap pertambahan angkatan kerja di perkotaan. Apabila dikaitkan dengan situasi perekonomian yang masih lesu seperti ini, keberadaan sektor informal mampu menjadi tulang punggung perekonomian bangsa. Salah satu sektor informal yang mampu menyerap tenaga kerja di daerah perkotaan adalah unit usaha pengrajin Kompor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan usaha Kompor di Desa Merjosari Kecamatan Lowokwaru Malang. Hasil pengujian asumsi klasik menunjukkan bahwa pada persamaan regresi linier berganda tidak terdapat masalah multikolinearitas, heteroskedastisitas dan autokorelasi disamping itu juga persamaan regresi linier berganda ini lolos uji kenormalan. Berdasarkan hasil uji F didapat bahwa variabel bebas mempunyai pengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap variabel terikat. Sedangkan hasil uji t dapat diketahui bahwa variabel modal secara parsial berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat. Dimana koefisien variabel bebas modal sebesar 0,233 yang berarti bahwa kenaikan usia sebesar satu satuan maka akan menaikkan pendapatan usaha kompor sebesar Rp 0,233. Variabel tenaga kerja, jam kerja dan pengalaman kerja secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat. Dengan koefisien variabel masing-masing yaitu tenaga kerja sebesar 18467,9 yang berarti bahwa jika ada kenaikan tenaga kerja sebesar satu satuan maka akan meningkatkan pendapatan usaha kompor sebesar Rp 18467,9. Koefisien variabel jam kerja sebesar 170007,9 yang berarti bahwa dengan kenaikan jam kerja sebesar satu satuan maka akan menambah pendapatan usaha kompor sebesar Rp 170007,9 . Sedangkan koefisien variabel pengalaman kerja adalah sebesar 55885,513 yang berarti bahwa kenaikan pengalaman kerja sebesar satu satuan maka akan menaikkan pendapatan usaha kompor sebesar Rp 55885,513. Dengan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan usaha kompor di Desa Merjosari Malang diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi pihak pemerintah dan perajin kompor khususnya dalam menangani permasalahan yang berhubungan dengan pendapatan usaha kompor.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/1/050900218
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Feb 2009 09:03
Last Modified: 21 Oct 2021 15:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103952
[thumbnail of 050900218.pdf]
Preview
Text
050900218.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item