Pengaruh Variabel - Variabel Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Telepon Seluler Nokia : Studi Pada Mahasiswa Strata-1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang.

ArieWibowo (2008) Pengaruh Variabel - Variabel Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Telepon Seluler Nokia : Studi Pada Mahasiswa Strata-1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam situasi persaingan bisnis, pada abad milenium seperti sekarang, perusahaan dituntut bersaing secara kompetitif (competitive rivalry) dalam hal menciptakan dan mempertahankan konsumen yang loyal, dan salah satunya adalah melalui pengembangan ekuitas merek. Dalam penelitian ini, dianalisis pengaruh variable -variabel ekuitas merek terhadap keputusan pembelian konsumen. Unsur-unsur ekuitas merek yang akan dijadikan variabel independent adalah kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, loyalitas merek, dan asset merek lain. Sedangkan dimensi yang akan dijadikan variabel dependent adalah keputusan pembelian telepon seluler Nokia pada mahasiswa Strata-1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel ekuitas merek secara simultan maupun secara parsial serta mengetahui variabelvariabel ekuitas merek yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian telepon seluler Nokia pada mahasiswa Strata-1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Strata-1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang dan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 98 responden yang menggunakan telepon seluler Nokia. Teknik sampling yang digunakan adalah puposive sampling. Pengumpulan data menggunakan metode penyebaran kuesioner. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh informasi bahwa variabel ekuitas merek yang terdiri dari kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, loyalitas merek, dan aset merek lain berpengaruh secara simultan maupun secara parsial terhadap keputusan pembelian telepon seluler Nokia pada mahasiswa Strata-1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang. Sedangkan untuk pengaruh variabel ekuitas yang paling dominan terhadap keputusan pembelian telepon seluler Nokia pada mahasiswa Strata-1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang adalah persepsi kualitas. Produk yang dipersepsikan bagus oleh konsumen akan mendapat tempat dalam benak konsumen, sehingga mereka akan melakukan pembelian terhadap produk tersebut, dan setelah mereka puas, mereka akan melakukan pembelian ulang, dan mengajak orang lain untuk membeli dan membicarakan hal-hal yang baik mengenai produk atau perusahaan yang memproduksinya, kepada orang lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/91/050800632
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 Mar 2008 10:26
Last Modified: 21 Oct 2021 15:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103943
[thumbnail of 050800632.pdf]
Preview
Text
050800632.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item