Evaluasi Kinerja Keuangan PT. Bank Niaga, Tbk. Sebelum dan Sesudah Penerapan Good Corporate Governance (GCG) Melalui Pendekatan Rasio Solvabilitas, Aktiva, Rentabilitas, dan Likuiditas

HendraWiryawan (2008) Evaluasi Kinerja Keuangan PT. Bank Niaga, Tbk. Sebelum dan Sesudah Penerapan Good Corporate Governance (GCG) Melalui Pendekatan Rasio Solvabilitas, Aktiva, Rentabilitas, dan Likuiditas. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan dan ada tidaknya perbedaan signifikan kinerja keuangan sebelum dan sesudah penerapan good corporate governance (GCG) melalui pendekatan rasio solvabilitas, aktiva, rentabilitas, dan likuiditas berdasarkan kriteria kesehatan bank pada PT. Bank Niaga, Tbk. Penelitian menggunakan periode pembanding 5 (lima) tahun sebelum dan sesudah GCG diterapkan di PT. Bank Niaga, Tbk. Data diperoleh dengan metode dokumentasi dan studi pustaka. Analisis deskriptif kuantitatif dan alat uji beda paired samples T-test dilakukan pada penelitian ini untuk mengetahui perkembangan kinerja keuangan bank dan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan signifikan kinerja keuangan yang ditunjukan dengan CAR, KAP, ROA, BOPO, LR, dan LDR sebelum dan sesudah penerapan GCG. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sesudah menerapkan prinsipprinsip GCG, kinerja keuangan PT. Bank Niaga, Tbk yang tercermin pada predikat kesehatan bank menunjukkan kinerja yang lebih baik terbukti dalam periode lima tahun penerapan GCG bank memiliki predikat bank “sehat”, berbeda dengan kondisi kesehatan bank sebelum penerapan GCG yang menunjukkan kinerja yang kurang baik ditunjukkan dengan predikat “cukup sehat” dan “tidak sehat” pada tiga dan dua tahun periode sebelum penerapan GCG. Berdasarkan hasil analisa uji beda paired samples T-test diketahui bahwa keenam variabel yang terdapat dalam keempat rasio tersebut terbukti berbeda secara signifikan dalam membedakan kinerja sebelum dan sesudah penerapan GCG adalah KAP, LR dan LDR. Sedangkan ketiga variabel yang lain yaitu CAR, ROA, dan BOPO tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/9/050800188
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Feb 2008 15:22
Last Modified: 21 Oct 2021 15:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103941
[thumbnail of 050800188.pdf]
Preview
Text
050800188.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item