AnjelyPutriMelati (2008) Analisis Pengaruh Faktor Internal Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian USB Flash Drive (Flashdisk) Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pada era modern seperti saat ini banyak sekali kecanggihan teknologi yang diciptakan dan ada beberapa macam alat transportasi data yang telah dikembangkan. Dengan banyaknya produk yang sejenis tersebut maka produsen dituntut untuk dapat menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen, sehingga dibutuhkan pengetahuan mengenai faktor-faktor yang dapat mempengaruhi konsumen untuk membeli suatu produk salah satunya yaitu dengan mengetahui faktor internal konsumen. Penelitian pengaruh faktor internal konsumen terhadap keputusan pembelian dilakukan untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan baik secara simultan maupun parsial serta pengaruh dominan, yang dalam penelitian kali ini meneliti mengenai faktor internal konsumen terhadap keputusan pembelian USB Flash Drive (Flashdisk). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian explanatory research dengan metode survey. Dalam penelitian ini digunakan skala Likert. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang, dengan jumlah sampel 98 responden, yang telah membeli USB Flash Drive (Flashdisk) dan juga pernah membeli USB Flash Drive (Flashdisk). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Nonprobability Sampling, dengan menggunakan jenis purposive sampling. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil sebagai berikut : (1) Faktor internal konsumen (variabel bebas) yang terdiri dari pribadi, motivasi, persepsi, pembelajaran, dan sikap mempunyai pengaruh yang signifikan atau mempunyai pengaruh yang nyata secara simultan terhadap keputusan pembelian USB Flash Drive (Flashdisk), (2) Faktor internal konsumen (variabel bebas) yang terdiri dari pribadi, motivasi, dan persepsi tidak mempunyai pengaruh yang signifikan atau tidak mempunyai pengaruh yang nyata secara parsial terhadap keputusan pembelian USB Flash Drive (Flashdisk), sedangkan pada faktor internal konsumen (variabel bebas) yang terdiri dari pembelajaran dan sikap mempunyai pengaruh yang signifikan atau mempunyai pengaruh yang nyata secara parsial terhadap keputusan pembelian USB Flash Drive (Flashdisk), (3) Pengaruh faktor internal konsumen yang paling dominan terhadap keputusan pembelian USB Flash Drive (Flashdisk) pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang adalah variabel sikap. Sikap merupakan evaluasi, perasaan emosional, dan kecenderungan tindakan yang menguntungkan atau tidak menguntungkan dan bertahan lama dari seseorang terhadap beberapa obyek atau gagasan (Kotler, 2004:200). Maka sikap konsumen untuk membeli USB Flash Drive (Flashdisk) merupakan tindakan yang dianggap menguntungkan, karena dengan membeli Flashdisk dapat membantu proses belajar para Mahasiswa diperkuliahan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2008/89/050800630 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 27 Mar 2008 11:43 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 15:32 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103940 |
Preview |
Text
050800630.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |