Implementasi analisis biaya relevan dalam pengambilan keputusan pada PT. Pesona Remaja.

IkaWidyasari (2008) Implementasi analisis biaya relevan dalam pengambilan keputusan pada PT. Pesona Remaja. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengambilan keputusan manajemen biasanya dihadapkan pada beberapa pilihan alternatif. Penggunaan analisis biaya relevan diperlukan untuk menyelesaikan masalah-masalah taktis yang dihadapi perusahaan melalui perbandingan beberapa alternatif keputusan, antara lain batasan biaya dan sumber daya agar didapatkan laba perusahaan yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kalkulasi dalam menganalisis biaya relevan dalam pengambilan keputusan, mengetahui dampak setiap alternatif keputusan terhadap laba perusahaan secara keseluruhan, dan mengetahui keputusan terbaik yang akan diambil oleh manajer. Penelitian ini merupakan studi kasus yang dilakukan dengan metode kuantitatif dan kualitatif. Metode kuantitatif dilakukan dengan analisis biaya relevan berdasarkan estimasi data tahun 2004-2006, sedangkan metode kualitatif didasarkan pada keadaan perusahaan, kebijakan perusahaan, dan hal-hal lain yang mendukung keputusan. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, masalah -masalah taktis yang terjadi pada perusahaan dan solusinya yaitu pertama, perusahaan sebaiknya menghentikan produksi DNA Cutbray dan Caesar Cargo karena menghasilkan margin negatif. Meskipun demikian, keputusan ini belum dapat dilakukan karena kebijakan perusahaan yang mengharuskan penggantian produk baru jika produk lama dihapus. Kedua, perusahaan sebaiknya mengganti mesin potong lama dengan mesin potong baru untuk kelancaran proses produksi. Karena tidak memiliki dana yang cukup untuk membeli mesin potong baru, perusahaan melakukan pinjaman ke bank. Ketiga, perusahaan sebaiknya menerima pesanan khusus dari pelanggan, yaitu celana jeans berkualitas AKO tanpa label karena menambah laba perusahaan. Meskipun demikian, keputusan ini tidak dapat dilakukan karena kebijakan perusahaan yang menyatakan produk AKO merupakan produk khas perusahaan sehingga tidak dapat diproduksi untuk pesanan khusus. Dan keempat, agar bauran produk dapat mencapai laba maksimal, produk yang harus diproduksi maksimum adalah AKO Skinny 8,000 unit dan DNA Hipster 8,000 unit. Penulis menyarankan agar dalam memutuskan masalah-masalah taktis yang dihadapi, perusahaan sebaiknya tidak hanya memperhatikan faktor kuantitatif yang menggunakan analisis biaya relevan tetapi juga faktor kualitatif agar didapatkan keputusan yang tepat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/83/050800624
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 Mar 2008 09:56
Last Modified: 21 Oct 2021 15:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103934
[thumbnail of 050800624.pdf]
Preview
Text
050800624.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item