Pengaruh penerapan pelayanan pajak secara elektronik terhadap kepatuhan wajib pajak : Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Madya Malang.

JenMardiana (2009) Pengaruh penerapan pelayanan pajak secara elektronik terhadap kepatuhan wajib pajak : Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Madya Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan dasar bahwa adanya sistem administrasi perpajakan baru yang diatur Direktorat Jenderal Pajak untuk diterapkan kepada Pegawai Pajak maupun Wajib Pajak, dengan tujuan dapat mewujudkan sistem administrasi pajak yang efisien, efektif, terintegritas dan terpercaya sehingga realisasi penerimaan dalam negri dari sektor pajak dapat lebih optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan sistem administrasi perpajakan secara elektronik yang merupakan sistem yang telah diterapkan di Kantor Pelayanan Pajak Madya Malang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan metode survey. Adapun langkahlangkah yang dilakukan untuk memperoleh data dan informasi melalui penyebaran kuesioner, dokumentasi dan wawancara. Dari langkah tersebut kemudian dilakukan analisis untuk mengukur validitas dan reliabilitas keabsahan data. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kepatuhan Wajib Pajak meningkat dengan diterapkannya sistem perpajakan secara elektronik yang mencakup e-Reg, e-SPT, dan e-Filing , ditunjukkan d engan bertambahnya jumlah Wajib Pajak baru, menurunnya jumlah tunggakan pajak dan naiknya jumlah pencairan tunggakan pajak di Kantor Pelayanan Pajak Madya Malang. Mayoritas responden sudah dapat dikatakan cukup patuh baik secara formal maupun material. Namun ditemukan kendala dalam pelaksanaannya yaitu masih banyak Wajib Pajak yang belum lancar dalam menggunakan sistem pelayanan pajak secara elektronik ini dan adanya anggapan dari Wajib Pajak bahwa mereka seperti melakukan pekerjaan dua kali dengan menyampaikan e-SPT secara elektronik tetapi pada akhirnya juga masih harus mencetak dan menandatanganinya serta menyampaikannya ke Kantor Pelayanan Pajak dimana Wajib Pajak tersebut terdaftar. Dengan adanya kendala tersebut maka masih diperlukan sosialisasi yang lebih mendalam mengenai penggunaan sistem perpajakan elektronik dan mengadakan workshop . Mengenai anggapan Wajib Pajak yang seperti melakukan pekerjaan dua kali maka perlu adanya perbaikan terus menerus dari aplikasi perpajakan secara elektronik yang mengadopsi dari sistem informasi akuntansi yang semakin baik dalam mengatur dan mengendalikan agar nanti pada akhirnya dapat diciptakan software baru yang memungkinkan bagi Wajib Pajak cukup menyampaikan e-SPT secara elektronik saja.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/795/050901162
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 Apr 2009 09:09
Last Modified: 21 Oct 2021 15:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103923
[thumbnail of 050901162.pdf] Text
050901162.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (34kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (14kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (3kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (1kB)

Actions (login required)

View Item View Item