Faktorfaktor yang dianggap penting oleh konsumen dalam memilih tempat berbelanja di Kota Malang.

NurKholifAlAnshori (2008) Faktorfaktor yang dianggap penting oleh konsumen dalam memilih tempat berbelanja di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kebutuhan konsumen dapat terpenuhi salah satunya adalah di pusat perbelanjaan. Keberadaan pusat perbelanjaan saat ini memiliki daya tarik tinggi karena bukan hanya sebagai lokasi belanja, tetapi juga merupakan pusat komunitas (community centre), tempat masyarakat bertemu dan melakukan interaksi sosial. Lokasi pusat perbelanjaan di Kota Malang keberadaannya masih terpusat, yaitu di dominasi oleh Kecamatan Klojen yang mana Klojen merupakan pusat dari kegiatan di Kota Malang (Central Business District). Lokasi yang terpusat menyebabkan konsumen mendapatkan alternatif tempat belanja yang lebih banyak. Di sisi lain, dengan terpusatnya lokasi pusat perbelanjaan maka konsumen yang berlokasi jauh dari pusat perbelanjaan memerlukan biaya transportasi yang lebih besar dan waktu perjalanan yang lebih lama. Penelitian ini dilaksanakan di 10 Pusat Perbelanjaan di Kota Malang, Mitra I, Gajahmada, Malang Plaza, Sarinah, Ramayana/Alunalun Mall, Matahari, Mitra II, Dieng Plaza, Plaza Araya, dan Matos. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei. Tujuan dari penelitian ini adalah : pertama, untuk mengidentifikasi karakteristik tempat berbelanja di Kota Malang; kedua, untuk mengetahui faktorfaktor yang dianggap penting oleh konsumen dalam memilih tempat berbelanja di Kota Malang; ketiga, untuk mengetahui faktor yang diangga paling penting oleh konsumen dalam memilih tempat berbelanja di Kota Malang.Variabel penelitian ini terdiri dari dua bagian yaitu karakteristik tempat berbelanja di Kota Malang yang terdiri dari jenis barang atau jasa yang dijual dan tingkat pelayanan konsumen; yang kedua yaitu Faktorfaktor yang dianggap penting oleh konsumen dalam memilih tempat berbelanja yang terdiri dari Lokasi (X11), Aksesibilitas (X12), Fasilitas Kota (X13), Tampilan bangunan (X21), Kelengkapan barang (X22), Harga barang (X23), Ketersediaan parkir (X24), Keamanan (X25), Kenyamanan (X26), Jarak dengan pusat perbelanjaan terdekat (X27), Adanya sarana rekreasi (X28) dan Waktu tempuh perjalanan (X31). Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif menggunakan metode analisis faktor dengan instrumen SPSS for Windows. Dari hasil analisis diperoleh hasil karaketristik tempat berbelanja di Kota Malang berdasarkan barang atau jasa yang dijual Tempat berbelanja yang menawarkan jenis barang yang paling lengkap adalah Malang Town Square (Matos), sedangkan menurut tingkat pelayanan konsumen Tempat berbelanja dengan fasilitas terlengkap ialah Dieng Plaza, Plaza Araya dan Matos. Faktorfaktor yang dianggap penting tersebut berdasarkan karakteristik angggota faktornya adalah Faktor Daya Tarik Non Fisik Tempat Berbelanja, Faktor Daya Tarik Fisik Tempat Berbelanja, Faktor Kemudahan Pencapaian, Faktor Jarak dengan Pusat Perbelanjaan Terdekat dan yang terakhir adalah Faktor Fasilitas Kota. Dan faktor yang dianggap paling penting oleh konsumen dalam memilih tempat berbelanja di Kota Malang adalah Faktor Daya Tarik Non Fisik Tempat Berbelanja. Kata Kunci : Memilih Tempat Berbelanja

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/77/050800525
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 13 Mar 2008 14:33
Last Modified: 21 Oct 2021 15:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103921
[thumbnail of 050800525.pdf]
Preview
Text
050800525.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item