Perumusan Strategi pada Perusahaan Keramik S. Soeharto di Sentra Industri Kecil Keramik Kelurahan Dinoyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.

DonyWahyudi (2008) Perumusan Strategi pada Perusahaan Keramik S. Soeharto di Sentra Industri Kecil Keramik Kelurahan Dinoyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perumusan strategi pada Perusahaan S. Soeharto Keramik. Jenis penelitiannya adalah deskriptif eksploratif dan penelitian ini dilaksanakan pada Perusahaan S. Soeharto Keramik di sentra industri kecil keramik kelurahan Dinoyo, kecamatan Lowokwaru, kota Malang melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis dengan menggunakan EFAS menunjukkan bahwa perusahaan telah mampu merespon beberapa peluang maupun ancaman tetapi kebijakan strategi perusahaan yang diterapkan masih kurang efektif. Sedangkan hasil analisis menggunakan IFAS mengindikasikan bahwa perusahaan telah mampu merespon beberapa kekuatan maupun kelemahan tetapi kebijakan strategi perusahaan yang diterapkan masih kurang efektif. Untuk hasil analisis menggunakan SFAS respon perusahaan masih berada dibawah rata-rata nilai tertimbang yang mengindikasikan bahwa kebijakan strategi perusahaan yang diterapkan masih kurang efektif. Dari analisis matriks SWOT diketahui bahwa perusahaan memiliki banyak kelemahan perusahaan terutama dalam hal peralatan produksi, promosi, dan administrasi. Sedangkan kekuatan perusahaan terletak pada kualitas produk keramik yang dihasilkan dan ketrampilan yang dimiliki karyawan perusahaan. Analisis lebih lanjut dengan matrik Grand Strategy perusahaan berada pada kuadran III dengan alternatif strategi antara lain pertumbuhan terkosentrasi, pengembangan produk, pengembangan pasar dan inovasi. Pada analisis menggunakan Matriks IE perusahaan berada pada posisi sel V (lima) yang berarti jaga dan pertahankan. Strategi yang direkomendasikan pada perusahaan yang berada pada sel ini adalah penetrasi pasar dan pengembangan produk. Dan strategi yang dipilih melalui QSPM adalah strategi pengembangan produk dengan mempertimbangkan kekuatan utama perusahaan ada di bidang produksi dan kekuatan di bidang produksi ini juga didukung oleh karyawan yang berdedikasi dan pemilik perusahaan yang selalu ingin produk keramik buatannya disukai konsumennya dan diterima oleh masyarakat pecinta keramik. Perusahaan S. Soeharto Keramik disarankan dapat terus meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan dan meningkatkan penciptaan produk baru yang sesuai dengan keinginan konsumen. Perusahaan sebaiknya terus menerus memantau kondisi lingkungan baik internal dan eksternal perusahaan sehingga perusahaan dapat beradaptasi dengan kondisi lingkungan yang selalu berubah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/592/050900120
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Jan 2009 10:27
Last Modified: 21 Oct 2021 10:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103874
[thumbnail of 050900120.pdf]
Preview
Text
050900120.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item