Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Sistem, dan Kualitas Jasa Terhadap Keefektifan Sistem Pengisian KRS Secara Online.

ArisetyoWibiantoro (2008) Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Sistem, dan Kualitas Jasa Terhadap Keefektifan Sistem Pengisian KRS Secara Online. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas informasi, kualitas sistem dan kualitas jasa terhadap kepuasan pemakai dalam pengembangan sistem informasi berbasis online. Beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan ketidakkonsistenan hasil penelitian sehingga topik ini masih menjadi bahasan yang menarik untuk diteliti lebih lanjut. Penelitian ini berdasarkan hasil uji terhadap 141 responden pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya yang menggunakan sistem pengisian KRS secara online. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel kualitas informasi, kualitas sistem, dan kualitas jasa berpengaruh positif pada keefektifan sistem pengisian KRS secara online. Hal ini menunjukkan bahwa keefektifan sistem pengisian KRS secara online membutuhkan ketiga dimensi kualitas seperti yang disebutkan di atas. Berdasarkan hasil analisis, kualitas informasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap efektifitas sistem. Hal ini berarti bahwa peningkatan kualitas informasi tidak menimbulkan peningkatan terhadap kepuasan pemakai, sehingga tidak berpengaruh terhadap efektifitas pemakai, sedangkan variabel kualitas sistem, dan kualitas jasa pada sistem pengisian KRS secara online berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengguna, yang berarti kualitas sistem, dan kualitas jasa pada sistem pengisian KRS secara online efektif. Hal ini memberikan penjelasan bahwa peningkatan kualitas sistem dan kualitas jasa menimbulkan peningkatan pada kepuasan pengguna, sehingga berpengaruh secara signifikan terhadap efektifitas pengguna sistem pengisian KRS secara online. Implikasi dari penelitian ini relevan pada para pengembang sistem dan para akademisi untuk mencoba menjelaskan bagaimana, kapan, dimana, dan mengapa kepuasan pemakai dalam pengembangan sistem informasi diperlukan. Hasil penelitian ini membantu menjelaskan pengaruh kualitas terhadap kepuasan pemakai pada keadaan dan kondisi yang berbeda.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/563/050803797
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Jan 2009 14:20
Last Modified: 21 Oct 2021 09:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103841
[thumbnail of 050803797.pdf]
Preview
Text
050803797.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item