Pengaruh strategi pemasaran terhadap peningkatan volume penjualan kerajinan perak di Kota Gede Daerah Istimewa Yogyakarta

DwiAndrianiRahayuNingtias (2008) Pengaruh strategi pemasaran terhadap peningkatan volume penjualan kerajinan perak di Kota Gede Daerah Istimewa Yogyakarta. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimanakah pengaruh strategi pemasaran tersebut terhadap peningkatan volume penjualan kerajinan perak di Kota Gede DIY secara parsial dan simultan serta mengetahui dan menganalisis komponen yang dominan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksplanatori dimana penelitian digunakan untuk menguji hipotesis tentang adanya hubungan variabel bebas yaitu pemilihan pasar (X1), perencanaan produk (X2), penetapan harga (X3), saluran distribusi (X4) dan komunikasi pemasaran (X5) terhadap variabel terikat yaitu volume penjualan (Y) dengan metode analisis data regresi berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Industri kerajinan Perak Kota Gede yang terdaftar di Deperindag DIY. Peneliti menggunakan seluruh populasi sejumlah 68 industri untuk diteliti. Data diambil selama bulan Januari tahun 2008 dengan menggunakan kuesioner Dari hasil analisa regresi diketahui bahwa : 1) Secara simultan strategi pemasaran yang terdiri dari variabel pemilihan pasar (X1), perencanaan produk (X2), penetapan harga (X3), saluran distribusi (X4) dan komunikasi pemasaran (X5) berpengaruh secara serentak terhadap volume penjualan kerajinan perak di Kota Gede DI Yogyakarta. 2)Secara parsial strategi pemasaran yang terdiri dari variabel pemilihan pasar (X1), perencanaan produk (X2), penetapan harga (X3), saluran distribusi (X4) dan komunikasi pemasaran (X5) berpengaruh secara serentak terhadap volume penjualan kerajinan perak di Kota Gede DI Yogyakarta. 3) Penetapan harga merupakan variabel yang mempunyai pengaruh dominan terhadap volume penjualan. Berarti hipotesis penelitian ditolak yang menyatakan variabel perencanaan produk merupakan variabel yang mempunyai pengaruh dominan terhadap volume penjualan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/56/050800455
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 27 Feb 2008 09:56
Last Modified: 21 Oct 2021 09:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103837
[thumbnail of 050800455.pdf]
Preview
Text
050800455.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item