Pengukuran efektivitas iklan Televisi Indosat IM3 “CUMI (Ramadhan)” pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang.

BobbyHerlambangPrakoso (2008) Pengukuran efektivitas iklan Televisi Indosat IM3 “CUMI (Ramadhan)” pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT. Indosat Tbk mempunyai berbagai macam produk kartu seluler, yaitu IM3, Mentari, Matrix untuk produk GSM dan StarOne untuk produk CDMA. IM3 dan Mentari untuk kartu Prabayar dan Matrix untuk kartu Pascabayar, sedangkan untuk kartu StarOne tersedia dua pilihan yaitu dapat memilih antara Prabayar dan Pascabayar. Dari berbagai macam produk kartu seluler tadi, pada saat ini produk kartu seluler IM3 memang paling banyak digemari oleh kalangan pelajar dan mahasiswa. Karena selain menawarkan harga yang relatif terjangkau untuk kalangan pelajar dan mahasiswa. Indosat merupakan perusahaan yang sering melakukan promosi baik dalam media cetak mau pun elektronik. Salah satunya adalah iklan televisi yang ditayangkan selama bulan Ramadhan (September 2008) yaitu iklan Indosat IM3 versi “CUMI Ramadhan” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektivitasan dari iklan televisi Indosat IM3 versi “CUMI Ramadhan” dengan menggunakan EPIC Model yaitu salah satu alat untuk mengukur keefektivitasan iklan televisi dengan menggunakan 4 dimensi yaitu Empathy , Persuasion , Impact , dan Communication . Hasil penelitian yang diperoleh dengan menggunakan EPIC Model antara lain dimensi empathy (empati) yang digunakan untuk mengukur tingkat kebagusan dan rasa suka responden terhadap iklan televisi Indosat IM3 versi “CUMI Ramadhan”. Hasil dari perhitungan menggunakan skor rata – rata adalah 4,17 yang menurut EPIC Model masuk ke dalam kategori Efektif . Dimensi persuasion (persuasi) yang digunakan untuk mengukur ketertarikan terhadap produk dan keinginan responden untuk membeli kartu selluler IM3. Hasil dari perhitungan menggunakan skor rata – rata adalah 2,28 yang menurut EPIC Model masuk ke dalam kategori Tidak Efektif . Dimensi impact (dampak) yang digunakan untuk mengukur tingkat pengetahuan mengenai produk kartu selluler IM3 kepada responden dan tingkat kreativitas iklan Indosat IM3 versi “CUMI Ramadhan” dibandingkan dengan iklan minuman ringan yang lain. Hasil dari perhitungan menggunakan skor rata – rata adalah 2,27 yang menurut EPIC Model masuk ke dalam kategori Tidak Efektif . Dimensi communication (komunikasi) yang digunakan untuk mengukur kemampuan konsumen menangkap pesan utama yang disampaikan, pemahaman konsumen, serta kekuatan kesan yang ditinggalkan dari iklan televisi Indosat IM3 versi “CUMI Ramadhan”. Hasil dari perhitungan menggunakan skor rata – rata adalah 4,19 yang menurut EPIC Model masuk ke dalam kategori Efektif .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/521/050803571
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Nov 2008 09:53
Last Modified: 21 Oct 2021 08:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103796
[thumbnail of 050803571.pdf]
Preview
Text
050803571.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item