Pola pembelajaran yang dilakukan oleh dosen dalam mengembangkan kesadaran beretika pada Mahasiswa Akuntansi : Studi Kasus pada Jurusan Akuntansi Universitas Brawijaya.

IndriDwiYaniRia (2008) Pola pembelajaran yang dilakukan oleh dosen dalam mengembangkan kesadaran beretika pada Mahasiswa Akuntansi : Studi Kasus pada Jurusan Akuntansi Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pola-pola pembelajaran yang dikembangkan oleh masing-masing dosen sudah mampu mengintegrasikan isu-isu etika dalam mata kuliah yang diberikan. Penelitian ini dilakukan pada Jurusan Akuntansi Brawijaya dan menggunakan mahasiswa sebagai informan penelitian. Peneliti melakukan studi penelitian kualitatif dengan menggunakan reduksi data serta melakukan analisis domein untuk menemukan pola pembelajaran yang tepat dalam mengembangkan pemahaman etika mahasiswa. Hasil penelitian ini menemukan, bahwa masing-masing dosen memiliki pola pembelajaran yang berbeda dan memberikan pemahaman yang berbeda-beda bagi mahasiswanya. Melalui pola pembelajaran yang dimiliki oleh masing-masing dosen tersebut dapat ditarik sebuah pola yang sesuai untuk menanamkan dan mengembangkan pemahaman etis mahasiswa. Pola tersebut melibatkan mahasiswa secara aktif dalam proses perkuliahan sehingga mampu secara aktif menemukan dan mendiskusikan isu-isu etika yang terjadi. Untuk menyempurnakan pola pembelajaran ini, harus disertai dengan perilaku dan tindakan pendidik yang sejalan dengan pemahaman etika yang mereka berikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/509/050803460
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 13 Nov 2008 12:31
Last Modified: 21 Oct 2021 08:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103783
[thumbnail of 050803460.pdf]
Preview
Text
050803460.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item