NiLuhAdiCitranita (2008) Penetapan Strategi Bisnis pada UD. Astawa Motor AutoService. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
UD. Astawa Motor AutoService termasuk kategori usaha kecil & menengah (UKM) yang menjalankan bisnis di bidang jasa perbaikan dan pemeliharaan kendaraan bermotor, khususnya mobil. Adapun dalam penelitian ini, UD. Astawa Motor AutoService adalah sebagai objek penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peluang, ancaman, kekuatan, dan kelemahan yang dimiliki oleh UD. Astawa Motor AutoService, serta menentukan strategi yang tepat bagi perusahaan dalam kondisi lingkungannya, guna mencapai tujuan perusahaan. Penelitian ini bersifat deskriptif yaitu memberikan gambaran dan analisis tentang kondisi lingkungan perusahaan, baik lingkungan eksternal maupun lingkungan internal pada saat ini. Perusahaan ini menghadapi berbagai permasalahan dalam operasionalnya, dimana persaingan yang sangat ketat dan perkembangan lingkungan yang cepat menuntut perusahaan untuk selalu cepat dan tanggap dalam meresponnya agar dapat mempertahankan eksistensi dalam industri, yaitu dengan melalui suatu perumusan strategi bagi perusahaan. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahapan, yaitu tahap pengumpulan data, tahap analisis data, dan tahap pengambilan keputusan atas alternatif strategi. Pada tahap pengumpulan data dipergunakan alat analisis antara lain analisis Eksternal Factor Evaluation (EFE) dan analisis Internal Factor Evaluation (IFE). Pada tahap analisis data dipergunakan alat analisis berupa analisis Internal-External (IE), dan dengan menggunakan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) pada tahap pengambilan keputusan, berbagai alternatif strategi dinilai guna menetapkan satu strategi yang paling sesuai untuk diimplementasikan. Berdasarkan hasil analisis lingkungan dan posisi perusahaan, maka ditetapkan satu strategi untuk diimplementasikan, yaitu strategi penetrasi pasar ( Market Penetration Strategy ). Adapun penjabaran strategi utama ke dalam strategi fungsional secara lebih terinci dan terarah berdasarkan strategi penetrasi pasar meliputi bidang keuangan, bidang produksi/operasional, bidang pemasaran, dan bidang personalia.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2008/488/050802934 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 08 Oct 2008 08:35 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 08:32 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103762 |
Preview |
Text
050802934.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |