Analisis Lingkungan Eksternal dan Internal Sebagai Dasar Perumusan Strategi Utama Pada PT. Bank Central Asia, Tbk Kantor Cabang Utama Borobudur Malang.

IlhamYusdiansyah (2008) Analisis Lingkungan Eksternal dan Internal Sebagai Dasar Perumusan Strategi Utama Pada PT. Bank Central Asia, Tbk Kantor Cabang Utama Borobudur Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Untuk bersaing dengan pesaingnya PT. Bank Central Asia, Tbk Kantor Cabang Utama Borobudur Malang berusaha menguasai pasar melalui perang strategi untuk memperoleh nasabah sebanyak-banyaknya. Untuk menghadapi ancaman tersebut perlu diterapkan strategi utama yang tepat. Tiap perusahaan harus memiliki kekuatan, mampu memanfaatkan peluang, menghindari ancaman serta meminimalkan kelemahan. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Alat analisis yang digunakan meliputi matrik EFE, matrik IFE, matrik SFAS, matrik SWOT, matrik SPACE dan QSPM. Dalam menganalisis lingkungan eksternal dan internal berdasarkan informasi yang diperoleh dengan wawancara, observasi,kuesioner, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi,memahami kinerja perusahaan dalam melayani pelanggan dan menciptakan loyalitas pelanggan, dan untuk mengetahui penerapan strategi utama di PT. Bank Central Asia, Tbk Kantor Cabang Utama Borobudur Malang agar upaya dalam mempertahankan pelanggan. Hasil analisis Matrik EFE pada PT. Bank Central Asia, Tbk Kantor Cabang Utama Borobudur Malang sebesar 3,20. Artinya,perusahaan memiliki respon yang baik terhadap lingkungan eksternalnya. Hasil analisis Matik IFE sebesar 3,00. Artinya posisi lingkungan internal perusahaan dalam kondisi yang baik atau berada di atas rata-rata. Hasil analisis Matriks SFAS sebesar 3,15. Artinya posisi lingkungan internal dan eksternal perusahaan dalam kondisi yang baik atau berada di atas rata-rata. Hasil Tahap selanjutnya adalah tahap pencocokan untuk memunculkan alternatif strategi perusahaan melalui matriks SWOT. Dari matriks SWOT didapatkan hasil posisi perusahaan pada strategi agresif. Dari hasil analisi matrik SPACE menunjukkan bahwa PT. Bank Central Asia, Tbk Kantor Cabang Utama Borobudur Malang berada pada kuadran agresif yang berarti organisasi berada pada posisi yang baik dalam menggunakan kekuatan internalnya guna Memanfaatkan peluang eksternal, menghindari ancaman eksternal, mengatasi kelemahan internal. Strategi yang dipilih adalah penetrasi pasar, pengembangan produk dan pengembangan pasar. Selanjutnya tahap akhir yaitu tahap keputusan untuk merumuskan strategi bersaing melalui pemilihan alternatif strategi yang cocok bagi perusahaan dengan menggunakan QSPM . Pada QSPM alternatif strategi diberi bobot dan peringkat berdasarkan faktor kunci strategis yang ada dalam perusahaan. Dari analisis secara kualitatif pada QSPM , ditemukan bahwa strategi penetrasi pasar memiliki total nilai daya tarik sebesar 5,60 , strategi pengembangan pasar sebesar 5,10 dan strategi pengembangan produk sebesar 6,45 . Karena strategi pengembangan produk memiliki nilai daya tarik tertinggi dibandingkan ketiga alternatif strategi lainnya maka strategi pengembangan produk direkomendasikan kepada PT. Bank Central Asia, Tbk Kantor Cabang Utama Borobudur Malang agar diterapkan perusahaan untuk mempertahankan pelanggan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/465/050802818
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Sep 2008 13:21
Last Modified: 22 Sep 2008 13:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103740
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item