Pengaruh psikologis konsumen terhadap keputusan pembelian handphone merek Nokia pada mahasiswa Program S1 Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya di Malang

WiwitApriyawan (2008) Pengaruh psikologis konsumen terhadap keputusan pembelian handphone merek Nokia pada mahasiswa Program S1 Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya di Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Keputusan para konsumen untuk memilih produk Handphone Nokia tersebut tentunya tidak lepas dari beberapa faktor yang mempengaruhinya, termasuk di dalamnya faktor psikologis yang dapat berupa motivasi, persepsi, proses belajar dan sikap. Semua hal tersebut akan memberikan pengaruh terhadap gaya hidup konsumen dalam memutuskan kegiatan pembelian terhadap suatu produk, dalam hal ini adalah pembelian produk handphone merek Nokia. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksplanatori dengan menggunakan pendekatan survei, dimana cara pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Dalam penelitian ini menggunakan skala likert. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Program S-1 Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang dan jumlah sampel dalam penelitian ini 100 orang. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil sebagai berikut 1) Seluruh item pernyataan dan pertanyaan dalam kuisioner dinyatakan valid karena mempunyai nilai korelasi > 0,3 dan probabilitas hasil korelasi lebih kecil dari 0,05 (5%). 2) Pada hasil perhitungan reliabilitas diketahui bahwa seluruh variabel dinyatakan reliabel karena mempunyai nilai Cronbach’s alpha > 0,6. 3) Sesuai dengan syarat uji asumsi klasik, dapat diketahui bahwa data yang dianalisa dalam penelitian ini memenuhi syarat uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji Auto korelasi sehingga data tersebut dapat dianalisa dengan mengunakan analisa regresi berganda. 4) Dari hasil analisa regresi berganda diketahui nilai R sebesar 0,766 yang artinya bahwa R > 0, artinya bahwa variabel Motivasi (X1), Persepsi (X2), Belajar (X3) dan Sikap (X4) mempunyai hubungan yang cukup terhadap Keputusan Pembelian (Y). Nilai Ajusted R Square sebesar 0,569, menunjukkan bahwa variabel Motivasi (X1), Persepsi (X2), Belajar (X3) dan Sikap (X4) berpengaruh secara simultan terhadap Keputusan Pembelian sebesar 56,9% sedangkan sisanya sebesar 43,1% dipengaruhi oleh variabel lain di luar 4 variabel bebas yang diteliti. Nilai F hitung sebesar 33,718 dapat diketahui bahwa F tabel > F hitung (33,718 > 2,45), artinya bahwa secara simultan variabel Motivasi (X1), Persepsi (X2), Belajar (X3) dan Sikap (X4) berpengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y). Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesa pertama dalam penelitian ini diterima. 5) Nilai t tabel untuk setiap variabel bebas dapat diketahui bahwa secara parsial variabel Motivasi (X1), Persepsi (X2), Belajar (X3) dan Sikap (X4) berpengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y). Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesa kedua dalam penelitian ini diterima. 6) Berdasarkan pada nilai koefisien regresi standardized (β), dapat diketahui bahwa β3 > β1, 2, 4. Artinya bahwa variabel bebas yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian (Y) adalah variabel Belajar (X3) karena variabel Belajar (X3) mempunyai nilai koefisien regresi standardized (β) terbesar dibandingkan dengan 3 variabel lainnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesa ketiga dalam penelitian ini diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/43/050800408
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 22 Feb 2008 14:03
Last Modified: 21 Oct 2021 07:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103704
[thumbnail of 050800408.pdf]
Preview
Text
050800408.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item