Analisis Variabel-Variabel Yang Berpengaruh Terhadap Pengeluaran Konsumsi Pangan Dan Konsumsi Nonpangan Rumah Tangga Miskin Pada Wilayah Pinggiran Kota (Suburban Area)”.

SutadiDwiKaloka (2008) Analisis Variabel-Variabel Yang Berpengaruh Terhadap Pengeluaran Konsumsi Pangan Dan Konsumsi Nonpangan Rumah Tangga Miskin Pada Wilayah Pinggiran Kota (Suburban Area)”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Untuk mengetahui keberhasilan dari pembangunan dalam suatu negara, ukuran yang biasa dipakai yaitu dengan melihat GNP dari suatu negara tersebut. Gross National Product per kapita atau dengan menghitung pendapatan nasional penduduk per kapita indikator lain yang dapat dipakai untuk mengukur keberhasilan pembangunan suatu negara adalah dengan melihat peningkatan standar hidup penduduk yang bersangkutan yang bisa diukur dengan kenaikan pendapatan riil per kapita dan selanjutnya penilaian prestasi kerja ini akan mempengaruhi pengeluaran untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Dengan adanya pengeluaran konsumsi maka dapat ditetapkan garis kemiskinan untuk menentukan miskin tidaknya suatu rumah tangga di desa, di kota, maupun pinggiran kota. Kecamatan Junrejo merupakan pinggiran Kota Batu yang tidak terlepas dari persoalan kemiskinan dan menarik untuk diteliti mengenai variabelvariabel yang berpengaruh terhadap pengeluaran konsumsi pangan dan konsumsi nonpangan rumah tangga miskin pada wilayah pinggiran kota ini. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi variabel-variabel, terutama variabel-variabel sosial ekonomi yang berpengaruh terhadap pengeluaran konsumsi pangan dan pengeluaran konsumsi nonpangan rumah tangga miskin pada wilayah pinggiran kota ( suburban area ) dan untuk mengetahui variabelvariabel sosial ekonomi yang berpengaruh signifikan terhadap pengeluaran konsumsi pangan dan pengeluaran konsumsi nonpangan rumah tangga miskin pada pinggiran kota ( suburban area ). Berdasarkan hasil penelitan pengeluaran konsumsi dan pengeluaran konsumsi nonpangan rumah tangga miskin pada wilayah pinggiran kota, diketahui bahwa pendapatan, pemilikan aset pproduktif, pemilikan aset nonproduktif, rasio ketergantungan, subsidi atau bantuan pemerintah, dan jumlah jam kerja berpengaruh secara nyata (signifikan) terhadap pengeluaran konsumsi dan pengeluaran konsumsi nonpangan rumah tangga miskin pada wilayah pinggiran kota ( suburban area). Dari keempat variabel yang diestimasi berdasarkan pada nilai koefisien regresi ( standardized coefficients ), pendapatan mempunyai pengaruh dominan terhadap pengeluaran konsumsi dan pengeluaran konsumsi nonpangan rumah tangga miskin pada wilayah pinggiran kota ( suburban area) yaitu pada Desa Junrejo, Desa Dadaprejo, dan Desa Penden, Kecamatan Junrejo, Kota Batu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/427/050802625
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Sep 2008 11:16
Last Modified: 21 Oct 2021 07:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103702
[thumbnail of 050802625.pdf]
Preview
Text
050802625.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item