Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Mie Sedaap” : Studi Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya

ArgaNarulata (2008) Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Mie Sedaap” : Studi Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan konsumen dalam pembelian mie instan merek Sedaap (Studi Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Brawijaya Malang). Tujuan dari peneltian ini adalah yang pertama untuk mengetahui dan menganalisis apakah variabel bauran pemasaran pada mie sedaap mempengaruhi keputusan pembelian, dan yang kedua untuk mengetahui variabel bauran pemasaran yang dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan dua jenis variabel, yaitu variabel bebas (independent) dan variabel terikat (dependent). Variabel bebas terdiri dari produk (X 1 ), Harga (X 2 ), promosi (X 3 ) dan distribusi (X 4 ). Variabel terikat terdiri dari Keputusan pembelian (Y). Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian penjelasan atau explanatory . Teknik sampling dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik pengambilan sampling menggunakan nonprobability sampling . Jumlah atau ukuran sampel diperoleh dengan menggunakan rumus Slovin . Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitaf, antara lain, Uji Validitas dan Reliabilitas, Uji Regresi Linear Berganda, Uji F dan Uji T Uji Asumsi Regresi Linear Berganda . Pengolahan data menggunakan program SPSS 12. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variabel produk (X 1 ), Harga (X 2 ), promosi (X 3 ) dan distribusi (X 4 ) berpengaruh secara bersama-sama (simultan) terhadap keputusan pembelian (Y), yang ditunjukkan oleh F hitung > F tabel (70,964 > 2,30) dengan Sig F < 5% (0,000 < 0,05). Secara parsial, variabel produk (X 1 ), Harga (X 2 ), promosi (X 3 ) dan distribusi (X 4 ) berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y), yang ditunjukkan oleh nilai t hasil > t tabel dengan nilai masing-masing variabel bebas X 1 (11,952 >1,988), X 2 (4,630 > 1,988), X 3 (7,556 > 1,988), dan X 4 (4,550 > 1,988). Variabel X 1 merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian dengan nilai beta sebesar 0,641. Dari segi produk, mie sedaap ternyata memiliki pengaruh yang begitu dominan dibandingkan variabel pemasaran yang lain. Oleh karena itu pihak produsen kedepannya dapat memanfaatkan potensi dari produk dengan meluncurkan beberapa produk mie instan dengan varian rasa baru. Dari segi distribusi, mie sedaap ternyata memiliki pengaruh yang paling kecil dibandingkan dengan variabel bauran pemasaran yang lain, maka disarankan untuk meningkatkan kualitas distribusinya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/421/050802619
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Sep 2008 09:43
Last Modified: 21 Oct 2021 07:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103696
[thumbnail of 050802619.pdf]
Preview
Text
050802619.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item