Pengaruh citra merek (Brand Image) dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan konsumen menjadi nasabah Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Bank Tabungan Negara (BTN).

EldyMuhardian (2008) Pengaruh citra merek (Brand Image) dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan konsumen menjadi nasabah Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Bank Tabungan Negara (BTN). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam menghadapi suatu persaingan, suatu produk dituntut untuk memiliki kekuatan agar dapat unggul dalam persaingan tersebut. Kesuksesan suatu produk antara lain diperoleh karena kekuatan brand image yang dimiliki produk tersebut serta bagaimana suatu perusahaan dapat menumbuhkan kepercayaan konsumen terhadap produknya, sehingga konsumen menjadi tertarik serta memiliki loyalitas yang tinggi terhadap produk tersebut. Berkaitan dengan produk KPR BTN yang memiliki brand image yang kuat di masyarakat Indonesia, hingga proses yang dilakukan untuk membangun rasa percaya nasabah pada KPR BTN selama ini, maka penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh brand image dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan konsumen menjadi nasabah KPR BTN. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah KPR BTN dengan produk Kredit Griya Utama (KGU) periode tahun 2007, dengan sampel sejumlah 100 responden nasabah KPR BTN yang ada di Malang dan menggunakan metode analisa data regresi berganda. Dari analisis regresi berganda tersebut dapat diketahui bahwa brand image (yang terdiri atas citra perusahaan, citra pemakai, citra produk) dan kepercayaan konsumen (yang terdiri dari kepercayaan atribut – objek, kepercayaan manfaat – atribut, kepercayaan manfaat - objek) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen menjadi nasabah KPR BTN. Secara parsial, variabel citra produk memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap keputusan konsumen menjadi nasabah KPR BTN, sedangkan variabel lainnya yaitu citra perusahaan, citra pemakai, kepercayaan atribut – objek, kepercayaan manfaat – atribut, kepercayaan manfaat – objek, mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen menjadi nasabah KPR BTN, serta variabel citra perusahaan merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan konsumen menjadi nasabah KPR BTN. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai salah satu referensi penelitian dan pengetahuan dalam usaha untuk mempertahankan brand image yang telah dimiliki Bank BTN sebagai bank yang fokus menangani KPR dan untuk lebih menjaga kepercayaan yang ada di masyarakat terhadap KPR BTN, sehingga KPR BTN dapat semakin memiliki nasabah yang loyal serta Bank BTN dapat menguasai persaingan bank yang menangani sektor kredit perumahan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/418/050802616
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Sep 2008 14:18
Last Modified: 21 Oct 2021 07:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103692
[thumbnail of 050802616.pdf]
Preview
Text
050802616.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item