Pengaruh Bauran Promosi terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Asuransi Allianz Utama.

AndryPrasetyo (2008) Pengaruh Bauran Promosi terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Asuransi Allianz Utama. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh variabel-variabel bauran promosi yang meliputi iklan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan pribadi dan pemasaran langsung secara simultan dan parsial terhadap keputusan menggunakan jasa asuransi Allianz Utama Indonesia Cabang Malang dan juga juga untuk mengetahui variabel dalam bauran promosi yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan menggunakan jasa asuransi Allianz Utama Indonesia Cabang Malang. Penelitian dilakukan pada nasabah PT. Asuransi Allianz Utama Indonesia Cabang Malang. Berdasarkan data yang diperoleh diketahui jika jumlah nasabah Allianz Utama Indonesia Cabang Malang sampai bulan Maret 2008 sebanyak 726 nasabah. Sampel ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin sebanyak 88 responden dengan teknik pengambilan sampel accidental sampling . Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi berganda dengan uji F dan uji t. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa variabel-variabel iklan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan pribadi dan pemasaran langsung secara simultan (bersama-sama) terbukti mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan menggunakan jasa asuransi Allianz Utama Indonesia Cabang Malang. Hal ini ditunjukkan dengan nilai F hitung (46,361) lebih besar dari nilai F tabel (2,37) atau nilai Sig F (0,000) kurang dari 5%. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai t hitung masing-masing variabel bebas lebih besar dari nilai t tabel sehingga variabel-variabel iklan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan pribadi dan pemasaran langsung secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan dengan keputusan menggunakan jasa asuransi Allianz Utama Indonesia Cabang Malang. Nilai koefisien determinasi (R Square ) sebesar 0,739 menunjukkan bahwa variabel keputusan menggunakan jasa asuransi Allianz Utama Indonesia Cabang Malang dipengaruhi iklan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan pribadi dan pemasaran langsung sebesar 73,9% sedangkan sisanya sebesar 26,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Variabel penjualan pribadi berpengaruh dominan terhadap keputusan menggunakan jasa asuransi Allianz Utama Indonesia Cabang Malang karena mempunyai nilai koefisien beta terbesar (0,333). Dari hasil penelitian maka perusahaan diharapkan memperhatikan dan lebih memahami kelima variabel dalam bauran promosi tersebut. Hal ini mengingat dengan promosi perusahaan dapat memberikan informasi kepada masyarakat sebagai konsumen, di samping itu dapat digunakan perusahaan untuk mempengaruhi konsumen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/407/050802494
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Aug 2008 09:18
Last Modified: 21 Oct 2021 07:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103683
[thumbnail of 050802494.pdf]
Preview
Text
050802494.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item