Pengaruh Relationship Marketing terhadap Loyalitas Agen PT Jawa Pos Radar Malang Intermedia Press

VencyErlita, Soetanto (2008) Pengaruh Relationship Marketing terhadap Loyalitas Agen PT Jawa Pos Radar Malang Intermedia Press. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh relationship marketing sebagai variabel bebas yang terdiri dari keuntungan bersama (X 1 ), komitmen (X 2 ), komunikasi (X 3 ), kebenaran (X 4 ) terhadap loyalitas agen (Y) sebagai variabel terikat baik secara simultan maupun secara parsial dan mengetahui variabel bebas mana yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap variabel terikatnya, yaitu loyalitas agen. Obyek penelitian ini adalah perusahaan koran PT Jawa Pos Radar Malang Intermedia Press. Jenis peneltian adalah explanatory research , yaitu menjelaskan ada tidaknya hubungan antara variabel-variabel yang diteliti melalui suatu pengujian hipotesis yang dilakukan. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui wawancara, baik dengan pihak perusahaan maupun dengan pihak agen koran, dan juga data sekunder yang diperoleh dari beberapa sumber, seperti : majalah, buku literatur, dan sebagainya.. Teknik pengambilan sampel adalah sampel jenuh atau sensus. Jumlah populasi adalah 35 agen dan sampel yang diambil sama dengan jumlah populasi yaitu 35 agen PT. Jawa Pos Radar Malang. Alat analisis data yang digunakan adalah uji validitas dengan rumus analisa korelasi Product Moment Pearson , uji reliabilitas dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach , regresi linear berganda dengan metode Ordinary Least Square (OLS) yang sudah bebas dari gejala asumsi klasik, dan untuk pengujian hipotesis menggunakan uji F statistik dan uji t statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik secara simultan dan parsial variabel-variabel bebas yang diteliti mempengaruhi loyalitas agen pada PT. Jawa Pos Radar Malang. Sedangkan variabel kebenaran (X 4 ) merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap loyalitas agen dengan arah yang positif. Sehingga apabila kebenaran (X 4 ) meningkat maka akan meningkatkan loyalitas agen (Y).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/395/050802372
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 26 Aug 2008 10:44
Last Modified: 21 Oct 2021 07:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103673
[thumbnail of 050802372.pdf]
Preview
Text
050802372.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item