Pengaruh pesan iklan media televisi terhadap motivasi konsumen dalam menggunakan kartu Simpati : studi pada mahasiswa Strata-1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang

AyudyaIndraRahayuningPutri (2008) Pengaruh pesan iklan media televisi terhadap motivasi konsumen dalam menggunakan kartu Simpati : studi pada mahasiswa Strata-1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian mengenai pengaruh pesan iklan media televisi terhadap motivasi konsumen dalam menggunakan kartu simPATI dilakukan untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan baik secara simultan maupun parsial serta pengaruh dominan antara pesan iklan dengan motivasi konsumen. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian explanatory research dengan menggunakan metode survai. Dalam penelitian ini digunakan skala Likert. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Strata-1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang, dan jumlah sample dalam penelitian ini adalah 97 responden yang pernah menonton iklan kartu simPATI dan juga pernah atau sedang menggunakan kartu simPATI. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Data diambil selama bulan November 2007 dengan menggunakan kuisioner. Dari penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil sebagai berikut : (1) pesan iklan (variable bebas) yang terdiri dari isi pesan, struktur pesan, format pesan, dan sumber pesan mempunyai pengaruh yang signifikan atau pengaruh yang nyata secara simultan terhadap motivasi konsumen atas pengaruh pesan iklan. (2) pesan iklan (variable bebas) yang terdiri dari isi pesan, struktur pesan, format pesan, dan sumber pesan mempunyai pengaruh yang signifikan atau pengaruh yang nyata secara parsial terhadap motivasi konsumen atas pengaruh pesan iklan. (3) variable isi pesan (X1) mempunyai pengaruh dominan dengan nilai koefisien beta 0,361, kemudian diikuti oleh variable sumber pesan (X4), struktur pesan (X2), dan variable terakhir yang memiliki hubungan paling lemah diantara variable tersebut adalah format pesan (X3). Berdasarkan hasil yang telah diperoleh diatas, menunjukkan bahwa pesan iklan, yaitu isi pesan (X1), struktur pesan (X2), format pesan (X3), dan sumber pesan (X4), secara signifikan dapat dipergunakan sebagai alat ukur terhadap motivasi konsumen dalam menggunakan kartu simPATI.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/39/050800404
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 22 Feb 2008 14:19
Last Modified: 21 Oct 2021 06:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103668
[thumbnail of 050800404.pdf]
Preview
Text
050800404.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item