Pengaruh Inflasi, Tingkat Suku Bunga Sertifikat Bank Indonesia, Kurs Us Dollar Terhadap Rupiah, Indeks Harga Saham Gabungan, Dan Produk Domestik Bruto Terhadap Loan To Deposit Ratio (LDR) Pada Bank Um

SiskaMarianaTrisnawati (2009) Pengaruh Inflasi, Tingkat Suku Bunga Sertifikat Bank Indonesia, Kurs Us Dollar Terhadap Rupiah, Indeks Harga Saham Gabungan, Dan Produk Domestik Bruto Terhadap Loan To Deposit Ratio (LDR) Pada Bank Um. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh yang signifikan dari variabel moneter makro ekonomi baik secara simultan dan parsial yang berpengaruh dominan terhadap peningkatan jumlah Loan to Deposit Ratio (LDR) pada Bank Umum yang listing di BEI periode 2004-2006. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian explanatory dan bersifat replikatif dari penelitian sebelumnya dengan lima variabel bebas yaitu: variabel inflasi (X 1 ), tingkat suku bunga SBI (X 2 ), kurs US Dollar terhadap Rupiah (X 3 ), IHSG (X 4 ), dan PDB (X 5 ) serta variabel terikat yaitu LDR (Y). Mengingat semua variabel tersebut di atas saling mempengaruhi sehingga faktor-faktor moneter menjadi penentu dalam keberhasilan transmisi kebijakan moneter ke sektor riil melalui perbankan, maka penelitian ini terfokus pada perubahan prilaku sektor perbankan khususnya bank umum dalam membuat terobosan terhadap konsep intermediasi perbankan khususnya masalah keengganan bank menyalurkan kredit dengan peningkatan LDR pada bank-bank umum nasional. Model yang digunakan dalam menganalisis pengaruh variabel-variabel tersebut diatas adalah regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS yang memenuhi kriteria pengujian asumsi klasik ( Best Linear Unbiased Estimator ). Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan sumber data menggunakan data sekunder yaitu bahan-bahan dokumentasi on-line dan data kajian pustaka dari Perpustakaan BI. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Bank Umum yang listing di BEI selama tahun 2004-2006. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode Purposive Sampling dan dasar pemilihan sampel adalah perusahaan yang selama periode observasi (2004-2006) listing di BEI dan melaporkan laporan keuangan yang telah diaudit pihak berwenang, sehingga terpilih 22 perusahaan yang memenuhi kriteria sampel. Dari penelitian ini diketahui bahwa secara simultan semua variabel berpengaruh terhadap LDR (Y) dengan IHSG (X 4 ) dan PDB (X 5 ) mempunyai pengaruh signifikan dalam peningkatan LDR serta variabel IHSG yang dominan berpengaruh terhadap LDR. Meskipun IHSG dominan, akan tetapi hal ini bersifat fiktif karena dipengaruhi para spekulan dan investor yang menginginkan marjin penjualan saham saja sehingga perputaran modal di bursa dan belum terserap oleh sektor ekonomi riil yakni unit usaha kecil menengah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/361/0509003686
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 08 Jan 2010 13:07
Last Modified: 21 Oct 2021 06:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103642
[thumbnail of 050903686.pdf]
Preview
Text
050903686.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item