Analisis Prediksi Kesulitan Keuangan Perusahaan Dengan Menggunakan Model Zavgren (Logit) Untuk Menentukan Tingkat Kebangkrutan Perusahaan : Studi Kasus Pada Perusahaan Automotive and Components yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2004 - 2006.

DwiAnnaRosulika (2008) Analisis Prediksi Kesulitan Keuangan Perusahaan Dengan Menggunakan Model Zavgren (Logit) Untuk Menentukan Tingkat Kebangkrutan Perusahaan : Studi Kasus Pada Perusahaan Automotive and Components yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2004 - 2006. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Krisis ekonomi yang melanda Indonesia pada pertengahan tahun 1997 telah memberikan guncangan hebat terhadap besaran-besaran ekonomi makro maupun mikro. Dampak dari krisis ekonomi tersebut dirasakan juga pada sektor industri, khususnya industri otomotif dan produk komponennya ( automotive and components ). Meskipun seiring berjalannya waktu perkembangan industri otomotif di Indonesia kini sudah mulai membaik, tetapi tidak terlepas dari kondisi penjualan perusahaan yang pasang surut, yang secara tidak langsung dapat menyebabkan kesulitan keuangan perusahaan. Beberapa faktor yang berpengaruh terhadap kondisi ini adalah seperti : tingkat persaingan yang semakin tinggi, fluktuasi nilai tukar rupiah, melonjaknya harga minyak di pasar internasional, dan sebagainya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan serta mengetahui adanya indikasi-indikasi kesulitan keuangan yang mengarah pada kebangkrutan pada perusahaan-perusahaan yang termasuk dalam industri Automotive and Components yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2004 - 2006 dengan menggunakan Model Zavgren (logit). Hasil aplikasi Model Zavgren (logit) ini menunjukkan bahwa secara umum kondisi keuangan perusahaan-perusahaan dalam industri automotive and components tergolong dalam kategori rawan, hal ini terkait dengan tingkat likuiditas, profitabilitas dan aktivitas perusahaan yang relatif rendah, dan juga karena proporsi penggunaan hutang yang cukup besar. Melalui penelitian ini diharapkan pihak perusahaan dapat melakukan langkah-langkah pencegahan atau perbaikan-perbaikan untuk mengatasi kesulitan keuangan yang mengarah pada kebangkrutan, yaitu dengan menjaga tingkat likuiditas perusahaan, meminimumkan proporsi penggunaan hutang sebagai sumber pembiayaan kegiatan perusahaan, serta mengoptimalkan perputaran aset perusahaan menjadi penjualan. Bagi investor diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat memberikan masukan dalam melakukan keputusan investasi pada sektor automotive and components . Sedangkan bagi pemerintah diharapkan memberikan stimulus untuk kebangkitan industri automotive and components di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/339/050802134
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 Aug 2008 11:59
Last Modified: 21 Oct 2021 06:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103618
[thumbnail of 050802134.pdf]
Preview
Text
050802134.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item