Analisis Pengaruh Dimensi Kualitas Produk Telkomsel Terhadap Kepuasan dan Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan : Studi pada Mahasiswa S-1 Universitas Brawijaya Malang.

AdeBagusFirmansyah (2008) Analisis Pengaruh Dimensi Kualitas Produk Telkomsel Terhadap Kepuasan dan Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan : Studi pada Mahasiswa S-1 Universitas Brawijaya Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan pengaruh secara parsial antara variabel kualitas produk dengan kepuasan pelanggan, variabel yang dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan, serta untuk mengetahui pengaruh kepuasan terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian exsplanatory , dimana penelitian ini dirancang untuk menjelaskan hubungan kausal yang terjadi antara variabel-variabel kualitas produk terdiri dari kinerja (X 1 ), interaksi pegawai (X 2 ), reliabilitas (X 3 ), daya tahan (X 4 ), ketepatan waktu dan kenyamanan (X 5 ), estetika (X 6 ), dan kesadaran akan merek (X 7 ) dengan kepuasan(Y 1 ) dan kepuasan pelanggan (Y 1 ) dengan loyalitas pelanggan (Y 2 ). Untuk menentukan jumlah responden, peneliti menggunakan pendapat Roscoe, dengan jumlah 90 responden. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling . Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda, uji F, serta uji t. Dari hasil uji t, uji F dan regresi berganda dapat diketahui bahwa ketujuh variabel yaitu kinerja (X 1 ), interaksi pegawai (X 2 ), reliabilitas (X 3 ), daya tahan (X 4 ), ketepatan waktu dan kenyamanan (X 5 ), estetika (X 6 ), dan kesadaran akan merek (X 7 ) mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan. Dari hasil analisis, diketahui bahwa variabel kinerja (X 1 ) merupakan variabel yang dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan. Berdasarkan penelitian ini, diketahui variabel kepuasan pelanggan (Y 1 ) dijelaskan oleh variabel kualitas produk (X) sebesar 77,5 %, sedangkan sisanya sebesar 22,5 % dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel bebas yang diteliti. Berdasarkan penelitian ini, diketahui bahwa tingkat loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh kepuasan pelanggan sebesar 57,5%, sedangkan sisanya sebesar 42,5% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/338/050802133
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 Aug 2008 11:51
Last Modified: 21 Oct 2021 06:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103617
[thumbnail of 050802133.pdf]
Preview
Text
050802133.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item