NymAndikaTriadhi (2008) Analisis hubungan kinerja organisasi sektor publik yang diukur dengan Balanced Scoregard terhadap kepercayaan masyarakat (Studi kasus pada Dispenda Provinsi Bali). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pengukuran kinerja merupakan salah satu faktor yang amat penting bagi organisasi karena dapat dipergunakan untuk menilai keberhasilan organisasi dan dapat digunakan sebagai dasar menyusun sistem imbalan atau sebagai dasar penyusunan strategi perusahaan atau organisasi. Sistem pengukuran kinerja sektor publik merupakan suatu sistem yang bertujuan untuk membantu manajer publik menilai pencapaian suatu strategi melalui alat ukur finansial dan non finansial. Balanced scorecard merupakan metode pengukuran kinerja yang diterapkan pada organisasi swasta dalam upaya menyeimbangkan antara aspek finansial maupun aspek non finansial. Pengukuran kinerja organisasi sektor publik saat ini tidak semata-mata untuk menilai keberhasilan organisasi tetapi juga untuk meningkatkan dan menumbuhkan kepercayaan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kinerja organisasi sektor publik yang dalam hal ini Dispenda Provinsi Bali dengan kepercayaan masyarakat. Agar lebih terfokus maka penulis membatasi masalah penelitian pada empat perspektif dalam balanced scorecard , yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif bisnis internal dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan instrumen koesioner. Uji validitas dan reliabilitas terlebih dahulu dilakukan terhadap jawaban responden dari koesioner yang disebarkan. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan dua metode, yaitu metode kualitatif yang dilakukan dengan cara mengevaluasi tentang kejadiankejadian berdasarkan data dan fakta yang telah diteliti, dan metode kuantitatif terhadap keempat perspektif dalam balanced scorecard . Metode kuantitatif juga digunakan untuk mengetahui bagaimana hubungan kinerja organisasi sektor publik dengan kepercayaan masyarakat. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa ada hubungan antara kinerja dengan kepercayaan masyarakat. Kinerja pada Dispenda Provinsi Bali setelah diukur dengan balanced scorecard menunjukkan hasil yang baik dan masyarakat juga cukup percaya dengan kinerja yang ditunjukan oleh Dispenda Provinsi Bali. Hal ini mencerminkan bahwa Dispenda Provinsi Bali selalu berusaha untuk mewujudkan visi, misi dan tujuannya sebagai dinas penghasil untuk mewujudkan diterapkannya prinsip-prinsip akuntabilitas dan good governance .
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2008/321/050802024 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 14 Aug 2008 09:48 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 05:10 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103600 |
Preview |
Text
050802024.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |