Pendeteksian Earnings Management, Underpricing Dan Pengukuran Kinerja Perusahaan Yang Melakukan Initial Public Offering (IPO) Pada Perusahaan Publik di Indonesia.

PritaPutriPrimanda (2008) Pendeteksian Earnings Management, Underpricing Dan Pengukuran Kinerja Perusahaan Yang Melakukan Initial Public Offering (IPO) Pada Perusahaan Publik di Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Manajemen laba, underprpicing, dan pengukuran kinerja perusahaan adalah tiga fenomena penting yang selalu terjadi ketika Initial Public Offering (IPO). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji ketiga fenomena secara serempak, berbeda dengan beberapa penelitian sebelumnya. Keinginan perusahaan untuk mengakumulasi dana dari pasar modal melalui IPO dapat menciptakan insentif bagi manajer untuk meningkatkan laba akuntansi yang tercermin dalam laporan keuangan prospektus. Membuat laba akrual diskresioner dapat meningkatkan laba. Penelitian ini membuktikan bahwa emiten menaikkan laba akrual diskresioner pada laporan keuangan sebelum dan setelah IPO dengan Discretionary Accrual (DA) rata-rata adalah positif. Penelitian selanjutnya mengenai underpricing menggunakan initial return (Rt), membuktikan bahwa emiten melakukan underpricing ketika penawaran perdana dilaksanakan. Rata-rata Rt saat pertama kali perdagangan adalah positif sampai bulan ketiga perdagangan, setelah itu terjadi penurunan penurunan pendapatan sampai dengan akhir tahun. Meskipun tidak ada perbedaan yang signifikan antara kinerja keuangan sebelum dan setelah IPO, hasil penelitian membuktikan bahwa ketika IPO perusahaan mengalami penurunan kinerja keuangan rata-rata kinerja keuangan lebih rendah dibanding sebelum IPO. Secara keseluruhan peneliti tidak dapat membuktikan hipotesis keempat yang menyatakan ada hubungan antara kebijakan earnings management , fenomena underpricing, dan penurunan kinerja keuangan dan kinerja saham setelah IPO.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/314/050802017
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 13 Aug 2008 13:17
Last Modified: 21 Oct 2021 05:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103593
[thumbnail of 050802017.pdf]
Preview
Text
050802017.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item