Evaluasi Kinerja Keuangan Perusahaan Telekomunikasi Dengan Menggunakan Analisis Economic Value Added Dan Market Value Added : Listing Di Bursa Efek Jakarta Tahun 2002-2006.

DimazTriputraBramanto (2008) Evaluasi Kinerja Keuangan Perusahaan Telekomunikasi Dengan Menggunakan Analisis Economic Value Added Dan Market Value Added : Listing Di Bursa Efek Jakarta Tahun 2002-2006. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Industri telekomunikasi adalah jenis industri yang berperan aktif dalam segala aspek terutama dunia bisnis. Penilaian kinerja industri telekomunikasi dilakukan untuk mengetahui prestasi perusahaan yang berguna bagi para pemegang saham pengukuran kinerja keuangan dapat dilakukan dengan menggunakan analisis Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana menilai kinerja keuangan Perusahaan Telekomunikasi yang listing di Bursa Efek Jakarta dengan menggunakan pendekatan EVA dan MVA (2) Apakah terdapat perbedaan kenerja keuangan diantara Perusahaan Telekomunikasi yang listing di Bursa Efek Jakarta dengan menggunakan pendekatan Evaluation Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA). Sedangkan tujuan penelitian ini adalah (1) Menilai kinerja keuangan Perusahaan Telekomunikasi yang listing di Bursa Efek Jakarta dengan menggunakan pendekatan EVA dan MVA (2) Mengetahui perbedaan kinerja keuangan di antara Perusahaan Telekomunikasi yang listing di Bursa Efek Jakarta dengan menggunakan pendekatan EVA dan MVA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan populasi perusahaan telekomunikasi yang listing di BEJ tahun 2002- 2006 dan didapat bahwa hanya ada dua perusahaan yang listing di BEJ yaitu PT. Indosat Tbk. dan PT. Telkom Tbk. Sehingga sampel dari penelitian ini disebut sebagai penelitian sensus, karena meneliti semua anggota elemen populasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pada analisis EVA, jumlah NOPAT yang tinggi dan biaya modal yang rendah mengindikasikan bahwa para penyandang dana mendapatkan nilai lenih dari apa yang diinvestasikan. Pada analisis MVA, nilai MVA yang positif, menunjukkan bahwa pasar menghargai perusahaan melebihi modal yang diinvestasikan. Sehingga semakin tinggi pasar mengharagi perusahaan maka semakin banyak pula investor yang melirik perusahaan tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/297/050801872
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Jul 2008 09:37
Last Modified: 21 Oct 2021 05:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103575
[thumbnail of 050801872.pdf]
Preview
Text
050801872.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item