Analisis Lingkungan Eksternal Dan Internal Sebagai Dasar Perumusan Strategi Pada Perusahaan Bumbu Masak Machmudah di Sidoarjo.

Hariyadi (2008) Analisis Lingkungan Eksternal Dan Internal Sebagai Dasar Perumusan Strategi Pada Perusahaan Bumbu Masak Machmudah di Sidoarjo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Setiap perusahaan pastilah mempunyai tujuan baik itu tujuan jangka pendek maupun jangka panjang yang hendak dicapai dalam kurun waktu tertentu. Usaha pencapaian tujuan perusahaan umumnya tidak lepas dari kondisi lingkungan baik lingkungan eksternal maupun internal yang dalam perkembangannya selalu berubah. Strategi merupakan salah satu cara yang dapat digunakan perusahaan untuk mengantisipasi ataupun menjawab tantangan perubahan lingkungan. Untuk menghasilkan strategi yang efektif dan efisien, salah satu proses manajemen strategi yang dapat dimanfaatkan perusahaan adalah perumusan strategi. Dengan perumusan strategi yang baik diharapkan follow-up berupa implementasi dan evaluasi serta pengendalian strategi dapat berjalan dengan baik dalam mendukung pencapaian tujuan perusahaan. Salah satu perusahaan yang dituntut untuk selalu mengantisipasi perubahan lingkungan dengan jalan menghasilkan strategi yang tepat melalui perumusan strategi yang baik adalah Perusahaan Bumbu Masak “Machmudah” Jawa Timur. Perusahaan ini bergerak dalam industri pengolahan Bumbu masak Perumusan strategi dilakukan melalui tiga tahapan yaitu Input Stage, Matching Stage dan Decision Stage . Input Stage terdiri dari Matrik EFE dan IFE yang menjadi input utama 2 tahapan selanjutnya. Matching Stage terdiri dari Matrik TOWS, Matrik SPACE dan Matrik Grand Strategy yang nantinya akan menghasilkan berbagai alternatuf strategi yang dapat digunakan oleh perusahaan. Pemilihan terhadap alternatif strategi terjadi pada Decision Stage yang menggunakan Matrik QSP sebagai alat bantunya. Hasil Matrik EFE sebesar 3,40 menunjukkan bahwa perusahaan telah cukup baik dalam mengambil keuntungan dari peluang dan berhasil menghindari dampak dari ancaman yang ada. Adapun dari lingkungan internal, hasil Matrik IFE sebesar 2,95 menunjukkan keadaan internal perusahaan yang cukup kuat. Matrik TOWS menghasilkan beberapa alternatif strategi yaitu strategi SO, WO, ST dan WT yang dapat digunakan sesuai dengan situasi yang dihadapi perusahaan. Posisi konservatif adalah hasil yang ditunjukkan dalam Matrik SPACE dimana Penetrasi Pasar, Pengembangan Produk, Pengembangan Pasar dan Diversifikasi Kosentrik merupakan strategi alternatifnya. Adapun alternatif strategi yang ditawarkan oleh hasil analisis Matrik Grand Strategy adalah Pertumbuhan Terkosentrasi, Pengembangan Produk, Pengembangan Pasar dan Inovasi. Hasil Matrik QSPM menghasilkan pilihan terbaik pada strategi Pengembangan Pasar. Dengan strategi pengembangan pasar, perusahaan nantinya diharapkan dapat memperkenalkan produk-produk yang ada sekarang ke daerah-daerah yang secara geografis merupakan daerah baru ataupun perusahaan diharapkan dapat mengidentifikasi pengguna baru untuk produk yang dihasilkan perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/276/050801752
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Jul 2008 10:28
Last Modified: 21 Oct 2021 03:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103555
[thumbnail of 050801752.pdf]
Preview
Text
050801752.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item