Evaluasi Pemilihan Lokasi Usaha Distro Di Kota Malang.

BagusCharisma (2008) Evaluasi Pemilihan Lokasi Usaha Distro Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ketepatan dalam pemilihan lokasi tempat usaha merupakan salah satu hal yang perlu dipertimbangkan dan diperhatikan dengan matang dalam menjalankan suatu bisnis terutama dalam bisnis retail . Faktor lokasi juga berhubungan dengan tingkat persaingan antara sesama pelaku usaha bisnis retail , semakin banyak usaha dengan produk yang sama pada lokasi tersebut maka semakin tinggi pula tingkat persaingan yang ada. Pemilihan lokasi yang baik merupakan faktor kunci dalam kemampuan pengusaha untuk menarik pelanggan. Salah satu bentuk bisnis retail yang akhir-akhir ini banyak dibangun dan berkembang pesat di kota Malang adalah distro . Distro merupakan singkatan dari distribution store atau distribution outlet yang berfungsi menerima titipan dari berbagai macam merek clothing company lokal yang memproduksi sendiri produknya. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif yang bertujuan untuk mengevaluasi usaha para pengelola retail distro di wilayah Kota Malang dalam menentukan lokasi usahanya. Penelitian ini menggunakan Kota Malang sebagai latar penelitiannya dan sebanyak 14 distro yang digunakan sebagai sampelnya. Jenis data yang digunakan adalah data gabungan antara kuantitatif dan kualitatif. Kemudian teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara terhadap pengelola distro , kuisioner, dan observasi. Distro di Kota Malang saat ini sangat mudah untuk ditemukan dan dijangkau, karena letaknya berada di tengah keramaian, semua distro tersebut berada di wilayah Kecamatan Klojen dan Lowokwaru. Tidak semua distro yang berada di lokasi strategis dapat mencapai penjualan yang maksimal. Dari keempat belas distro di Kota Malang, yang dapat memenuhi kriteria letak yang strategis dan juga mengalami penjualan yang besar hanyalah Inspired . Dan hanya distro Rock Bandits yang tidak memenuhi semua kriteria letak yang strategis dan tidak mengalami penjualan yang besar. Lokasi distro di Kota Malang tidak mengikuti pola-pola lingkaran atau konsentris. Hal ini disebabkan karena mereka menyesuaikan lingkungan, ukuran dan bentuk areal usaha yang dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya: jenis toko, ukuran toko, lokasi pesaing, pola-pola pemukiman penduduk, dan waktu tempuh dari tempat tinggal. Penentuan lokasi usaha bukanlah satu-satunya faktor yang menentukan suatu tingkat keberhasilan penjualan, tetapi terdapat faktor-faktor lain yang menentukannya juga, misalnya produk yang variatif, tingkat pelayanan yang bagus dan tingkat promosi yang gencar meskipun dilakukan secara independent.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/272/050801727
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 Jul 2008 10:14
Last Modified: 21 Oct 2021 03:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103552
[thumbnail of 050801727.pdf]
Preview
Text
050801727.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item