Pengaruh pengumuman Stock Split terhadap Asimetri Informasi di BEJ : Perusahaan yang melakukan stock split periode 2002-2005

NiaWasif (2008) Pengaruh pengumuman Stock Split terhadap Asimetri Informasi di BEJ : Perusahaan yang melakukan stock split periode 2002-2005. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Informasi mempunyai peranan penting dalam transaksi perdagangan di pasar modal. Secara umum, informasi akuntansi dan informasi spesifik perusahaan yang dipublikasikan akan mengurangi tingkat asimetri informasi. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh pengumuman stock split (sebagai salah satu bentuk informasi yang dipublikasikan di pasar modal) terhadap asimetri informasi. Penelitian ini juga menguji apakah pengumuman stock split mempengaruhi asimetri informasi di sekitar tanggal pengumuman, yaitu sebelum pengumuman, saat pengumuman, dan setelah pengumuman stock split. Penelitian ini menggunakan teknik event study (studi peristiwa) dengan mengambil sebanyak 36 perusahaan sebagai sampel. Sampel adalah perusahaan yang melakukan stock split di Jakarta Stock Exchange (JSX) selama periode 2002-2005. Sampel ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Bid-ask Spread digunakan untuk penyesuaian sebagai proksi dari tingkat asimetri informasi (ASIN). Penyesuaian diperoleh dengan melakukan regresi terhadap Bid-Ask Spread dan beberapa variabel kotrol, yaitu PRICE, TRANS VARIAN, DEPTH. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis ditemukan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari variabel kontrol terhadap SPREAD pada semua periode pengamatan. Hasil ini mendukung Hipotesis pertama. Uji hipotesis kedua menggunakan uji beda 2 rata-rata sampel berpasangan (t-test two different means) menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan asimetri informasi yang signifikan pada periode benchmark, sebelum, saat, dan setelah pengumuman stock split. Hasil ini menunjukkan ketidakkonsistenan antara hasil dan hipotesis kedua. Dengan demikian penelitian ini tidak berhasil membuktikan hipotesis kedua (2a, 2b, c).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/26/050800360
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 26 Feb 2008 10:50
Last Modified: 21 Oct 2021 03:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103540
[thumbnail of 050800360.pdf]
Preview
Text
050800360.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item