Analisis Pengaruh Tingkat Pendapatan, Likuiditas, dan Beban Pajak Terhadap Profitabilitas Perusahaan Food and Beverages yang Listing di Bursa Efek Indonesia.

RiekeAudiaPermana (2008) Analisis Pengaruh Tingkat Pendapatan, Likuiditas, dan Beban Pajak Terhadap Profitabilitas Perusahaan Food and Beverages yang Listing di Bursa Efek Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh tingkat pendapatan, likuiditas, dan beban pajak terhadap profitabilitas perusahaan bertujuan untuk mengetahui pengaruh ketiga variabel tersebut terhadap profitabilitas perusahaan food and beverages yang listing di Bursa Efek Indonesia dan mengetahui variabel yang memililiki pengaruh dominan terhadap profitabilitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode penelitian penjelasan yang menekankan pada hubungan antara variabel-variabel penelitian dan menguji hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 18 perusahaan food and beverages yang listing di BEI selama periode 2004-2007 yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling . Metode statistik yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan mengaplikasikan model pooled data . Model pooled data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Fixed Effect Model dengan metode Generalized Least Squares, yaitu OLS yang variabelnya telah ditransformasi sehingga memenuhi asumsi standard least-squares. Melalui uji statistik (uji-t, uji F, dan uji R 2) atas hasil estimasi model Fixed Effect dengan metode Generalized Least Squares menunjukkan bahwa variabel pendapatan, likuiditas, dan beban pajak mempengaruhi profitabilitas secara signifikan. Sedangkan variabel yang berpengaruh paling dominan terhadap profitabilitas adalah beban pajak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/255/050801644
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Jul 2008 15:01
Last Modified: 21 Oct 2021 03:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103535
[thumbnail of 050801644.pdf]
Preview
Text
050801644.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item