Analisis Efektifitas Iklan Rokok LA Lights dengan Menggunakan Metode Customer Response Index (CRI) : Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang.

EkoBudianto (2008) Analisis Efektifitas Iklan Rokok LA Lights dengan Menggunakan Metode Customer Response Index (CRI) : Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar belakang dari pemilihan judul ini adalah semakin ketatnya tingkat persaingan rokok khususnya jenis rokok Mild, dalam kondisi seperti itu periklanan merupakan suatu strategi yang umum dipakai oleh perusahaan untuk mengenalkan dan memperkuat posisi produk di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat, akan tetapi adanya peraturan pemerintah yang mengatur tentang pembatasan kegiatan periklanan industri rokok menyebabkan para produsen rokok tersebut tidak dapat secara bebas melakukan kegiatan periklanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektifitas iklan rokok LA Lights jika ditinjau dari dampak komunikasi untuk mengetahui respon konsumen atau reponden terhadap iklan dengan menggunakan metode Customer Response Index (CRI) khususnya pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang. Respon konsumen yang diteliti adalah variabel Awareness (kesadaran merek) , Comprehend (pemahaman) , Interest (ketertarikan) , Intention (minat untuk membeli) , Action (tindakan pembelian). Dari hasil penelitian diperoleh bahwa tigkat awareness (kesadaran merek) dari responsen/konsumen mencapai 100% hal ini menunjukan bahwa kegiatan periklanan yang dilakukan oleh LA Lighst telah efektif mengacu pada tujuan utama dari periklanan yaitu menciptakan kesadaran merek. Berdasarkan hasil perhitungan CRI diperoleh index respon responden atau konsumen yang unawareness sebesar 0 %, index reponden yang no comprehend 10.31 %, index responden yang no interest sebesar 22,68 %, index responden yang no intention sebesar 9.29%, index responden yang no action sebesar 7.21 % dan respon responden yang action (index CRI) sebesar 50,51%, dengan demikian hal ini berarti masih ada peluang yang masih mungkin didapat sebesar 49,49%. Dari hasil perhitungan CRI tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa kegiatan periklanan yang dilakukan oleh LA Lights dapat dikatakan telah berjalan secara efektif. Karena dari hasil penelitian diatas menandakan bahwa salah satu tujuan dari kegiatan periklanan dapat dikatakan telah berhasil yaitu menciptakan awareness pada konsumen dan membujuk atau mendorong konsumen tersebut untuk membeli rokok LA Lights.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/244/050801583
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 Jul 2008 08:38
Last Modified: 21 Oct 2021 03:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103525
[thumbnail of 050801583.pdf]
Preview
Text
050801583.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item