Pengaruh Aktivitas Perdagangan Saham, Rasio Keuangan, dan Risiko Pasar Terhadap Penetapan Bid-Ask Spread Saham : Studi Kasus Pada Perusahaan yang Masuk Indeks LQ-45 Selama Tahun 2004-2006.

FeredianPajarRiyadi (2008) Pengaruh Aktivitas Perdagangan Saham, Rasio Keuangan, dan Risiko Pasar Terhadap Penetapan Bid-Ask Spread Saham : Studi Kasus Pada Perusahaan yang Masuk Indeks LQ-45 Selama Tahun 2004-2006. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris tentang pengaruh dari aktivitas perdagangan saham, rasio keuangan, serta risiko pasar terhadap penetapan bid-ask spread saham perusahaan yang masuk dalam indeks LQ-45 selama tahun 2004 sampai dengan 2006. Aktivitas perdagangan saham diwakili oleh 3 variabel, yaitu harga penutupan saham, jumlah pemegang saham, dan volume perdagangan saham. Rasio Keuangan diwakili dengan 7 variabel rasio, yaitu Dividen Payout , Asset Growth, Asset Size, Leverage, Likuiditas, Earning Variability, serta Beta Akuntansi. Sedangkan untuk risiko pasar hanya diwakili dengan variabel Beta Pasar. Model yang digunakan dalam menganalisis pengaruh variabel-variabel tersebut diatas adalah regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS yang memenuhi kriteria pengujian asumsi klasik (Best Linear Unbiased Estimator). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang masuk kedalam indeks LQ-45 selama tahun 2004-2006. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode Purposive Sampling, dimana dasar pemilihan sampel adalah perusahaan yang selama periode observasi (2004-2006) tetap masuk dalam indeks LQ-45, sehingga terpilih 22 perusahaan yang memenuhi kriteria untuk dijadikan sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktivitas Perdagangan Saham (yang diproksikan dengan Harga Penutupan Saham, Jumlah Pemegang Saham, dan Volume Perdagangan), Rasio Keuangan (yang diproksikan dengan Dividen Payout, Asset Growth, Asset Size, Leverage, Liquidity, Earning Variability , dan Beta Akuntansi), dan Risiko Pasar (yang diproksikan dengan Beta Pasar) secara simultan akan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap penetapan bid-ask spread saham. (2) Variabel Dividen Paiout, Asset Growth, Asset Size, Leverage, Likuiditas, Beta Akuntansi, dan Beta Pasar secara parsial tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap bid-ask spread saham. Variabel Harga Penutupan saham dan Volume Perdagangan Saham secara parsial memberikan pengaruh yang negatif signifikan terhadap penetapan bid-ask spread saham. Variabel Jumlah Pemegang Saham dan Earning Variability secara parsial memberikan pengaruh yang positif signifikan terhadap penetapan bid-ask spread saham. (3) Diantara variabel-variabel independen tersebut, variabel Jumlah Pemegang Saham memberikan pengaru yang paling dominan terhadap penetapan bid-ask spread saham.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/227/050801516
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 Jul 2008 14:11
Last Modified: 20 Oct 2021 11:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103508
[thumbnail of 050801516.pdf]
Preview
Text
050801516.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item