Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Inna Putri Bali Hotel, Cottages & Spa.

MegaAgustini (2008) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Inna Putri Bali Hotel, Cottages & Spa. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini mengambil judul tentang pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen yang menginap pada Inna Putri Bali Hotel, Cottages & Spa . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan yang terdiri dari variabel yaitu bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, empati terhadap kepuasan konsumen yang menginap pada Inna Putri Bali Hotel, Cottages & Spa secara simultan dan parsial dan juga untuk mengetahui dari kelima variabel kualitas pelayanan yang berpengaruh dominan. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory . Penelitian ini mengambil lokasi pada Inna Putri Bali Hotel, Cottages & Spa di kawasan Nusa Dua, Denpasar-Bali dan yang menjadi populasi adalah konsumen yang menginap pada Inna Putri Bali Hotel, Cottages & Spa tersebut. Pengambilan sampel yaitu probability sampling dengan teknik accidental sampling . Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu wawancara dan kuesioner dengan menggunakan skala likert. Data dari jawaban responden dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda, uji-t, uji-F dan koefisien determinasi. Hasil analisa menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh secara simultan dan parsial terhadap kepuasan konsumen yang menginap pada Inna Putri Bali Hotel, Cottages & Spa . Kemudian dapat diketahui bahwa variabel empati dari dimensi kualitas pelayanan memiliki pengaruh dominan dibandingkan variabel bebas yang lain. Selain itu, secara keseluruhan variabel bebas yaitu bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, empati memiliki kontribusi terhadap variabel terikat yaitu kepuasan konsumen sebesar 92,0 %. Sisanya dijabarkan oleh variabel lain di luar dari lima variabel bebas yang telah diteliti. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan dalam strategi pemasaran, dan sebaiknya perusahaan menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanannya agar konsumen bisa merasa puas sehingga tercipta loyalitas konsumen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/221/050801464
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 Jul 2008 10:40
Last Modified: 20 Oct 2021 11:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103503
[thumbnail of 050801464.pdf]
Preview
Text
050801464.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item