BayuIlhamPradana (2008) Implementasi Blue Ocean Strategy pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. : Studi terhadap produk Speedy pada Telkom Kandatel Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai sejauh mana implementasi Blue Ocean Strategy pada Telkom Kandatel Malang terhadap produk Speedy. Penelitian ini dilakukan dengan memasukkan rancangan inovasi pada jaringan fixed wireline yang dilakukan oleh Telkom ke dalam rangkaian Blue Ocean Strategy. Analisis lingkungan internal dan eksternal perusahaan digunakan untuk melakukan analisis SWOT yang merupakan dasar dalam menentukan perlu tidaknya strategi inovasi pada Telkom. Hasil pada matriks SWOT menunjukkan bahwa strategi inovasi memang perlu untuk diterapkan pada Telkom Kandatel Malang, lebih tepatnya pada strategi pengembangan bisnis data dan internet dengan melakukan “inovasi nilai” pada jaringan fixed wireline . Untuk menciptakan inovasi nilai, perusahaan perlu menjalankan kerangka kerja empat langkah (hapuskan, ciptakan, tingkatkan, kurangi). Telkom menghapuskan komunikasi voice dan data yang tidak dapat dilakukan secara bersamaan, menciptakan sistem kontrol pemakaian untuk mengetahui volume atau waktu yang telah digunakan untuk akses, meningkatkan kecepatan akses internet, dan tanpa melakukan pengurangan apa pun karena harga dan biaya yang ada pada jaringan fixed wireline telah berada di bawah standar industri. Dalam menjalankan enam prinsip Blue Ocean Strategy , Telkom merekonstruksi batasan-batasan pasar (Prinsip 1) dengan mengidentifikasi kelompok-kelompok alternatif dalam industri, yaitu GPRS dan Wi-Fi. Telkom berfokus pada kecepatan akses sebagai nilai inti dari suatu layanan internet (Prinsip 2). Telkom berusaha menjangkau melebihi permintaan yang ada hingga tingkat non konsumen (Prinsip 3), menjalankan rangkaian strategis secara benar dengan mempertimbangkan utilitas, harga, biaya dan pengadopsian (Prinsip 4), mengatasi rintangan-rintangan organisasi (Prinsip 5), serta menjalankan eksekusi ke dalam strategi (Prinsip 6). Dengan demikian, Telkom telah menjalankan rangkaian Blue Ocean Strategy secara benar dan menyeluruh, sehingga inovasi nilai yang telah dilakukan dapat menciptakan ruang pasar baru dan membawa Telkom untuk menjauh dari persaingan. Hal ini sejalan dengan visi Telkom “ To Become Leader InfoCom Company in the Region ” dan misi Telkom dalam memberikan layanan " One Stop InfoCom ". Pada akhirnya sasaran-sasaran strategis yang telah ditetapkan oleh Telkom dapat tercapai.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2008/204/050801395 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 30 Jun 2008 15:00 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 11:38 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103487 |
Preview |
Text
050801395.pdf Download (6MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |