Pengaruh Sistem Informasi Berbasis Komputer Terhadap Kinerja Individu Dengan Kepercayaan Dan Partisipasi Pemakai Sebagai Moderating Variable.

AnitaYushardini (2008) Pengaruh Sistem Informasi Berbasis Komputer Terhadap Kinerja Individu Dengan Kepercayaan Dan Partisipasi Pemakai Sebagai Moderating Variable. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penggunaan sistem informasi merupakan hal yang sangat penting dalam suatu organisasi baik perusahaan maupun instansi. Hal ini dapat meningkatkan efektivitas, efesiensi, dan kinerja pada organisasi tersebut. Sistem informasi erat kaitannya dengan penggunaan komputer yang selanjutnya diistilahkan dengan sistem informasi berbasis komputer. Penerapan sistem informasi berbasis komputer dalam sebuah perusahaan maupun instansi membutuhkan beberapa faktor pendukung agar dapat berjalan dengan baik. Faktor pendukung tersebut, antara lain keterlibatan pemakai sistem informasi yang diwujudkan dengan kepercayaan terhadap sistem informasi berbasis komputer dan partisipasi pemakai dalam pengembangan sistem tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana pengaruh sistem informasi berbasis komputer terhadap kinerja individu dengan variabel kepercayaan dan partisipasi pemakai sebagai moderating variabel. Penelitian ini merupakan pengembangan dari penelitian yang dilakukan oleh Cahyadi (2006) dan Wuryaningrum (2007) karena dalam penelitian ini variabel kepercayaan tidak lagi sebagai variabel independen namun sebagai variabel moderasi dan menambahkan variabel partisipasi pemakai sebagai variabel moderasi. Berdasarkan sampel penelitian, 120 karyawan dari delapan perusahaan dan instansi yang berbeda di kota Malang, menunjukkan bahwa sistem informasi berbasis komputer berpengaruh secara positif terhadap peningkatan kinerja. Dan pada saat kepercayaan sebagai variabel moderasi berinteraksi dengan sistem informasi berbasis komputer, pengaruhnya adalah signifikan. Dari pengujian yang telah dilakukan, diketahui bahwa tingginya kepercayaan menyebabkan peningkatan kinerja. Begitu pula saat partisipasi pemakai berinteraksi dengan sistem informasi berbasis komputer sebagai variabel moderasi. Partisipasi pemakai juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kinerja.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/197/050801357
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Jun 2008 11:10
Last Modified: 20 Oct 2021 11:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103479
[thumbnail of 050801357.pdf]
Preview
Text
050801357.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item