Pengaruh Stres Kerja dan Kemampuan Pegawai Terhadap Prestasi Kerja Pegawai pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Malang

FridaTiaraM (2008) Pengaruh Stres Kerja dan Kemampuan Pegawai Terhadap Prestasi Kerja Pegawai pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh stres kerja dan kemampuan pegawai terhadap prestasi kerja pegawai Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Malang secara simultan dan parsial serta variabel bebas mana yang dominan pengaruhnya terhadap prestasi kerja pegawai. Stres kerja adalah suatu kondisi ketegangan yang mempengaruhi emosi, proses berpikir, dan kondisi seseorang dalam bekerja. Kemampuan pegawai adalah potensi yang dimiliki seseorang dalam melaksanakan tugas dan pekerjaannya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan dengan menggunakan uji F dan uji t untuk menguji pengaruh variabel stres kerja dan kemampuan pegawai terhadap prestasi kerja pegawai KPPN Malang. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai KPPN Malang yang berjumlah 98 orang dan setelah dihitung sampelnya adalah 50 orang. Dalam penelitian ini diajukan 17 item pertanyaan kepada seluruh sampel yang sudah ditentukan. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda, dapat diketahui bahwa variabel Prestasi Kerja Pegawai (Y) dapat dijelaskan oleh variabel Stres Kerja (X1) dan Kemampuan Pegawai (X2) sebesar 63,8% (dilihat dari nilai R2). Sedangkan sisanya sebesar 36,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil dari pengujian hipotesis I dengan menggunakan uji F menunjukkan bahwa variabel stres kerja (X1) dan kemampuan pegawai (X2) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja pegawai (Y). Untuk pengujian hipotesis II dengan menggunakan uji t, menunjukkan bahwa variabel stres kerja (X1) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja pegawai (Y) dan variabel kemampuan pegawai (X2) juga berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja pegawai (Y). Sedangkan hasil pengujian hipotesis III menunjukkan bahwa variabel kemampuan pegawai merupakan variabel yang berpengaruh paling dominan terhadap prestasi kerja pegawai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/188/050801324
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 08 May 2008 12:55
Last Modified: 20 Oct 2021 11:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103469
[thumbnail of 050801324.pdf]
Preview
Text
050801324.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item