Pengaruh Manajemen Modal Kerja Terhadap Profitabilitas Perusahaan Wholesale Dan Retail Trade Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2001-2006.”

FitriDwiJayanti (2008) Pengaruh Manajemen Modal Kerja Terhadap Profitabilitas Perusahaan Wholesale Dan Retail Trade Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2001-2006.”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ketatnya persaingan yang ada menuntut Perusahaan Wholesale and Retail Trade untuk menjalankan kegiatan operasional dengan seefektif dan seefisien mungkin. Apalagi saat ini Perusahaan dihadapkan pada masalah perang harga, dimana para pengecer dituntut untuk memberikan diskon yang terus-menerus sedangkan para pemasok dibebankan dengan biaya-biaya yang tinggi. Untuk itu, maka perusahaan harus dapat menentukan kebijakan modal kerja yang tepat demi kelancaran kegiatan sehari-hari yang diharapkan nantinya dapat meningkatkan keuntungan perusahaan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh secara simultan dan parsial variabel yang digunakan untuk mengukur manajemen modal kerja (periode penagihan pihutang, periode umur persediaan, perode siklus kas, dan perputaran aktiva lancar) terhadap profitabilitas Perusahaan. Profitabilitas Perusahaan diukur menggunakan return on investment (ROI). Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research, yaitu penelitian yang berusaha untuk mencari tahu lebih dalam mengenai permasalahan yang diambil dengan melakukan pengujian. Melalui metode purpossive sampling, didapatkan 66 pengamatan yang dijadikan obyek dalam penelitian ini pada Perusahaan Wholesale and Retail Trade yang Listing di BEI periode tahun 2001-2006. Teknik analisa data menggunakan regresi berganda yang berkenaan dengan studi ketergantungan antara variabel bebas dan variabel terikat. Berdasarkan pengujian melalui uji-F (secara simultan) didapatkan bahwa komponen modal kerja secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap profitabilitas Perusahaan. Pengaruh yang diberikan komponen modal kerja terhadap profitabilitas sebesar 19.25%. Dengan kata lain, sebesar 80.75% tingkat keuntungan perusahaan dipengaruhi oleh variabel lain diluar komponen modal kerja dalam penelitian ini. Sedangkan secara parsial dapat diketahui bahwa tidak semua variabel komponen modal kerja dalam penelitian ini mempengaruhi profitabilitas secara signifikan. Periode umur persediaan dan perputaran aktiva lancar secara individu mempunyai pengaruh negatif yang signifikan, sedangkan dua variabel yang lain tidak mempunyai pengaruh yang signifikan. Pengaruh signifikan yang dihasilkan dalam penelitian ini, mengandung pengertian bahwa kebijakan persediaan dan ketepatan untuk menentukan aktiva lancar dalam penggunaannya untuk mencukupi biaya operasional tampaknya harus lebih diperhatikan. Hal ini sesuai dengan kondisi Perusahaan Wholesale and Retail Trade saat ini yang dihadapkan dengan permasalahan menyangkut tingginya biaya operasional yang harus ditanggung oleh Perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/186/050801322
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 May 2008 15:05
Last Modified: 20 Oct 2021 11:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103467
[thumbnail of 050801322.pdf]
Preview
Text
050801322.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item