IkaGemaKusumaDewi (2008) Pengaruh variabel Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Prabayar XL-BEBAS : Pada Mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Persaingan dalam industri telekomunikasi seluler di Indonesia saat ini semakin sengit. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya operator seluler baru yang bermunculan dan memicu para operator untuk memberikan pelayanan terbaiknya, sehingga sekarang ini terjadi perang tarif antar oprator seluler. PT. Excelcomindo Pratama Tbk, yang bergerak di bidang telekomunikasi seluler melalui produk unggulannya yaitu kartu Bebas terus memberikan pelayanan terbaiknya. Dalam menghadapi kondisi seperti ini, PT. Excelcomindo Pratama Tbk dituntut untuk dapat menunjukkan keunggulan bersaing yang kuat dengan memperhatikan atribut produk yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh variabel atribut produk yang terdiri dari variabel harga, mutu, merek, kemasan, dan label terhadap keputusan pembelian kartu seluler XL-Bebas, baik secara simultan maupun parsial serta untuk mengetahui variable mana yang mempunyai pengaruh dominan. Sampel penelitian ini adalah 100 mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang yang pernah membeli kartu seluler XLBebas. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa secara simultan variabel harga (X1), mutu (X2), merek (X3), kemasan (X4), dan label (X5) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian kartu seluler XL-Bebas dengan signifikansi 0,000, dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,767 (76,7%). Sedangkan secara parsial, kelima variabel yaitu harga (X1), mutu (X2), merek (X3), kemasan (X4) , dan label (X5) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian dengan signifikansi masing-masing variabel sebesar 0,000, 0,021, 0,015, 0,036, dan 0,000. Variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan konsumen yaitu variabel harga (X1) dengan koefisien beta sebesar 0,412 Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah kelima variabel independen yaitu harga, mutu, merek, kemasan, dan label baik secara simultan maupun parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian kartu seluler XL-Bebas. Variabel harga (X1) merupakan variabel yang mempunyai pengaruh yang dominan terhadap keputusan pembelian kartu seluler XL-Bebas.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2008/184/050801320 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 05 May 2008 14:38 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 11:30 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103466 |
Preview |
Text
050801320.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |