Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Sepeda Motor Yamaha : Studi pada Mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang.

ItanawatiSalamah (2008) Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Sepeda Motor Yamaha : Studi pada Mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Persaingan industri sepeda motor di Indonesia pada saat ini semakin bertambah pesat. Dalam menghadapi kondisi ini, para podusen sepeda motor dituntut untuk dapat membentuk komponen keunggulan bersaing yang kuat dengan membentuk citra merek (brand image) yang baik dimata konsumen. Brand image adalah sekumpulan asosiasi merek yang terbentuk dan melekat dibenak konsumen. Brand image memiliki tiga komponen yaitu citra pembuat, citra pemakai, dan citra produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh brand image yang terdiri dari citra pembuat, citra pemakai, dan citra produk terhadap keputusan konsumen dalam membeli sepeda motor Yamaha, baik secara simultan maupun parsial serta untuk mengeta hui variabel mana yang mempunyai pengaruh dominan. Jenis penelitian ini adalah eksplanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesa. Sampel penelitian ini adalah 97 mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang yang pernah membeli sepeda motor Yamaha. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa baik secara simultan maupun parsial variabel citra pembuat (X1), citra pemakai (X2), dan citra produk (X3) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen dalam membeli sepeda motor Yamaha. Sedangkan variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan konsumen yaitu variabel citra produk (X3). Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah ketiga variabel independen yaitu citra pembuat, citra pemakai dan citra produk baik secara simultan maupun parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen dalam membeli sepeda motor Yamaha. Variabel citra produk (X3) merupakan variabel yang mempunyai pengaruh yang dominan terhadap keputusan konsumen dalam membeli sepeda motor Yamaha. Dengan diketahui bahwa ketiga variabel brand image memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen, diharapkan perusahaan Yamaha dapat mempertahankan citra merek (brand image) yang terbentuk saat ini sehingga dapat meningkatkan penjualan sepeda motor Yamaha.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/183/050801319
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 May 2008 14:26
Last Modified: 20 Oct 2021 11:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103465
[thumbnail of 050801319.pdf]
Preview
Text
050801319.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item