Penerapan Aplikasi Surat Pemberitahuan Masa Elektronik (e-SPT) Pajak Pertambahan Nilai Dan Pengaruhnya Terhadap Kepatuhan Pemenuhan Kewajiban Perpajakan Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Madya M

Pramana, Rendra (2008) Penerapan Aplikasi Surat Pemberitahuan Masa Elektronik (e-SPT) Pajak Pertambahan Nilai Dan Pengaruhnya Terhadap Kepatuhan Pemenuhan Kewajiban Perpajakan Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Madya M. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu program reformasi administrasi perpajakan yang telah dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pajak sebagai upaya untuk memudahkan dan meningkatkan pelayanan kepada Wajib Pajak adalah dengan membuat suatu sistem perpajakan on-line system yang menyangkut pembayaran pajak (epayment), pendaftaran NPWP (e-Registration), pelaporan SPT (e-Filing), dan e- SPT. Masalah yang diteliti adalah apakah penerapan aplikasi e-SPT Masa PPN 1107 dapat membantu Wajib Pajak dalam pengolahan data PPN serta bagaimana pengaruh penerapan aplikasi e-SPT terhadap kepatuhan pemenuhan kewajiban perpajakan melalui pengelolah data PPN. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa penerapan e-SPT Masa PPN dapat membantu Wajib Pajak dalam pengolahan data PPN dan tujuan lain yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan aplikasi e-SPT Masa PPN terhadap kepatuhan pemenuhan kewajiban perpajakan melalui pengolahan data PPN. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan metode angket dengan skala pengukuran Likert. Metode analisa pada penelitian ini menggunakan analisis jalur (path analysis) untuk menjelaskan. Dinamakan analisis path (analisis jalur), karena terdapat variabel yang berfungsi sebagai jalur antara. Dengan adanya variabel antara ini, akan dapat digunakan untuk mengetahui apakah untuk mencapai sasaran akhir harus melewati variabel antara itu, atau bisa langsung sampai ke sasaran akhir. Untuk memperoleh nilai koefisien jalur maka prosedur menggunakan partial regression coefisient. Pengujian terhadap validitas koefisien path pada setiap jalur untuk pengaruh langsung adalah sama dengan pada regresi, yakni dengan menggunakan nilai ? dari uji-t yaitu pengujian koefisien regresi variabel dibakukan secara parsial. Dari hasil regresi, aplikasi e-SPT (X1) berpengaruh signifikan terhadap pengolahan data PPN (X2). Artinya bahwa penerapan aplikasi e-SPT dapat membantu wajib pajak dalam mengelolah data PPN. Oleh karena itu, kebijakan yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pajak pada penerapan aplikasi e-SPT Masa PPN 1107 ini sudah tepat untuk tujuan memudahkan wajib pajak dalam pengolahan data PPN. Hasil penghitungan diketahui variabel aplikasi e-SPT Masa PPN 1107 tidak bisa langsung mencapai variabel kepatuhan pemenuhan kewajiban perpajakan (Y) karena nilai koefisien korelasi tersebut dibawah nilai standar. Oleh karena itu, untuk mencapai Y variabel X1 harus melalui pengolahan data PPN (X2) dengan nilai koefisien lebih dari nilai standar sehingga baru dapat mencapai kepatuhan pemenuhan kewajiban perpajakan. Pengaruh aplikasi e- SPT terhadap kepatuhan pemenuhan kewajiban perpajakan melalui pengolahan data PPN secara bersama-sama tidak ada pengaruh yang cukup signifikan terhadap kepatuhan pemenuhan kewajiban perpajakan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/174/050801268
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Apr 2008 10:26
Last Modified: 09 Nov 2021 02:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103455
[thumbnail of 050801268.pdf]
Preview
Text
050801268.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item