Perencanaan Sytrategi Operasional sebagai langkah strategis Quality Improvement Rawat Inap Di Rumah Sakit Islam Aisyiyah Malang

IrmaYuliana (2008) Perencanaan Sytrategi Operasional sebagai langkah strategis Quality Improvement Rawat Inap Di Rumah Sakit Islam Aisyiyah Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Analisa lingkungan yang tepat sangat dibutuhkan untuk perumusan strategi agar dapat menghasilkan strategi yang tepat bagi perusahaan untuk mencapai tujuan. Sebagai pelaksana analisa lingkungan, Rumah Sakit tidak mempunyai strategi jangka panjang yang berperan sebagai penuntun pelaksanaan kegiatan operasional dalam Rumah Sakit. Kriteria akreditasi menetapkan 7 standar pelayanan medis yang harus dipenuhi oleh Rumah Sakit (Boy, 2006:35). Untuk memenuhi standar akreditasi tersebut, Rumah Sakit membutuhkan adanya quality improvement pelayanan rawat inap yang dapat diterima dan terpuaskan oleh masyarakat. Dengan adanya peningkatan kualitas pelayanan rawat inap perlu suatu perencanaan quality improvement yang tepat. Mutu pelayanan rumah sakit dapat pula dilihat dari segi aspek yang berpengaruh, aspek berarti termasuk hal-hal yang secara langsung atau tidak lansung terhadap penilaian empat aspek mutu itu adalah: 1) Klinis, yaitu menyangkut pelayanan Dokter, perawat dan terkait dengan teknis medis. 2) Efisiensi dan efektifitas, yaitu pelayanan yang murah, tepat guna, tak ada diagnosa dan terapi berlebihan. 3) Keamanan pasien, yaitu upaya perlindungan terhadap pasien. 4) Kepuasan pasien, yaitu yang berhubungan dengan kenyamanan, keramahan dan kecepatan pelayanan. Jenis penelitian yang dilakukan untuk penelitian ini adalah penelitian analisis deskriptif kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan kuesioner. Data tersebut diolah dengan menggunakan beberapa langkahlangkah dalam formulasi strategi Quality Improvement adalah : 1) Menentukan target aspek mutu yang akan ditingkatkan. 2) Proses pelayanan. 3) Membuat beberapa alternatif strategi. 4) Memilih strategi untuk dilaksanakan. 5) Penangung jawab. Pada matrik TOWS/ SWOT RSI Aisyiyah Malang bahwa strategi W-O lebih memperlihatkan adanya kelemahan pelayanan Rumah sakit dengan peluang yang ada. Maka dari strategi W-O tersebut, Rumah Sakit perlu adanya perencanaan peningkatan kualitas. Peningkatan kualitas pelayanan rawat inap Rumah Sakit Islam Aisyiyah Malang dapat dilakukan dengan terjaminnya kelengkapan dan kebersihan fasilitas ruang rawat inap untuk kenyamanan pasien. Kecepatan, ketepatan dan keramahan perawat dalam memberikan pelayanan kepada pasien. Perawatan dokter yang baik, ramah, sabar dan dapat dipercaya akan membuat pasien merasa aman selama pengobatan di rumah sakit. Membuat standar aturan yang jelas untuk kegiatan peningkatan kualitas pelayanan rawat inap dengan penanggung jawab pihak yang berwenang melakukan kegiatan tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/138/050801086
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 09 Apr 2008 14:29
Last Modified: 20 Oct 2021 11:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103418
[thumbnail of 050801086.pdf]
Preview
Text
050801086.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 050801087.pdf]
Preview
Text
050801087.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item