Analisis Variabel-Variabel Yang Mempengaruhi Permintaan Kredit Dunia Usaha : Studi Pada Bank Umum di Indonesia (Periode 1997:3-2007:2).

GalihSetyowati (2008) Analisis Variabel-Variabel Yang Mempengaruhi Permintaan Kredit Dunia Usaha : Studi Pada Bank Umum di Indonesia (Periode 1997:3-2007:2). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel-variabel yang mempengaruhi permintaan kredit dunia usaha, dengan studi pada bank umum di Indonesia. Selain itu, tujuan lain yang ingin dicapai adalah mengetahui variabel mana yang paling dominan mempengaruhi permintaan kredit dunia usaha pada bank umum. Adapun variabel-variabel bebas yang dianalisis dalam penelitian ini yaitu, tingkat bunga kredit riil, ekspektasi inflasi, Produk Domestik Bruto (PDB), ekspektasi pelaku usaha, serta kurs forward. Untuk melakukan analisis terhadap pengaruh variable bebas pada variable terikat, digunakan analisis regresi linier berganda (Ordinary Least Square). Dari hasil analisa regresi linier berganda ditemukan bahwa koefisien determinasi atas estimasi yang dilakukan cukup besar. Seluruh variabel bebas secara serentak berpengaruh signifikan terhadap jumlah permintaan kredit dunia usaha. Variabel tingkat bunga kredit riil berpengaruh negatif secara signifikan terhadap permintaan kredit dunia usaha. Variabel PDB, ekspektasi pelaku usaha dan ekspektasi inflasi masing-masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap permintaan kredit dunia usaha. Variabel bebas yang paling dominan berpengaruh pada permintaan kredit dunia usaha adalah ekspektasi inflasi. Variabel kurs forward berpengaruh negatif dan signifikan terhadap jumlah permintaan kredit dunia usaha. Hal ini disebabkan tingginya impor Indonesia yang berupa bahan baku bagi industri domestik. Sehinggga ekspektasi kenaikan kurs akan menambah biaya produksi bagi kegiatan usaha domestik, yang menyebabkan menurunnya permintaan kredit dunia usaha pada bank umum.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/120/050800947
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 26 Mar 2008 11:47
Last Modified: 20 Oct 2021 11:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103401
[thumbnail of 050800947.pdf]
Preview
Text
050800947.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item